Aneh, Pohon ini Berbuah pada Batang Pohonnya


Pertanianku – Jaboticaba merupakan jenis pohon yang sangat unik karena buah yang dihasilkan oleh pohon ini tumbuh pada bagian batangnya. Pohon ini merupakan tanaman endemik yang hidup di Minas Gerais dan San Paulo, Brazil, Jaboticaba sering dijuluki anggur Brazil karena buahnya sangat mirip dengan anggur.

Aneh, Pohon ini Berbuah pada Batang

Bunga buah ini berwarna putih susu, sedangkan buah yang masih mentah berwarna hijau muda. Setelah buah matang, warnanya akan berubah menjadi ungu tua dengan daging putih kenyal, seperti anggur. Ukuran buah ini berkisar rata-rata antara 3/4 cm.

Selain dapat dimakan mentah, buah jaboticaba juga dapat diolah menjadi jus, selai, dan wine. Namun, buah yang satu ini sangat mudah membusuk. Sehingga para pedagang jarang menjual buah ini dalam keadaan segar.  Oleh karena itu, pengolahan Jaboticaba menjadi jus, selai, dan wine membuatnya dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain sebagai bahan pembuatan jus, selai, dan wine, buah jabuticaba juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat tradisional. Ini karena buah memiliki kandungan zat jaboticabin yang berfungsi sebagai zat antioksidan, anti-radang, dan antikanker. Cara mengolahnya, buah dikeringkan di bawah sinar matahari lalu kemudian direbus. Air rebusannya dapat digunakan untuk mengobati diare, asma, dan batuk berdarah. Jadi, sangat baik jika dikonsumsi.

Baca Juga:  Yuk, Intip Cara Budidaya Buah Kiwi yang Baik dan Benar!
loading...
loading...