Aneh Tapi Nyata, Pohon Ini Bisa Meledak Seperti Dinamit


Pertanianku – Pohon unik bernama Sandbox Tree (Hura brasiliensis/Hura crepitans) berbeda dari kebanyakan pohon lainnya. Pohon yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat meledak seperti dinamit. Wah, seperti apa ya?

Pohon ini sejenis pohon cemara yang berasal dari keluarga spurge (Euphorbiaceae), dan tumbuh subur di daerah tropis, terutama di bagian utara Amerika dan Amerika Selatan di kawasan Amazon Rainforest (hutan hujan Amazon).

Namun, kini pohon tersebut telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Pohon ini bisa tumbuh mencapai 30 meter. Batang utama dan cabangnya berduri. Daunnya berbentuk oval. Pohon ini lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai pohon dinamit.

Dinamakan pohon dinamit karena buah pohon ini bisa meledak sekeras dinamit ketika sudah matang. Ledakannya bisa melukai manusia atau hewan yang ada di sekitarnya.

Itu sebabnya, pohon ini kerap dianggap sebagai pohon angker yang menakutkan sehingga ada yang menyebutnya sebagai pohon neraka.

Ledakan itu sebenarnya bukan untuk melindungi pohon itu dari makhluk lain, melainkan cara alaminya untuk proses berkembang biak. Buahnya yang sudah matang dan berwarna cokelat akan terbuka dan meledak untuk melepaskan isinya.

Proses ledakan tersebut membantu penyebaran dan perkawinan spora dengan biji serta melemparkan jauh dari tanaman induk. Ledakan buah yang cepat dan keras ini dapat mencapai batas penyebaran terjauh tanpa bantuan hewan.

Pohon unik ini dapat melemparkan biji dengan kecepatan 150 mil per jam sampai sejauh 100 meter dari batang utamanya.

Keunikan lain yang tak dimiliki oleh pohon lainnya adalah duri berwarna cokelat kehitaman yang sangat tajam. Duri-duri tersebut melingkar di sepanjang batang pohon membuat hewan-hewan tak akan bisa memanjatnya.

Pohon tersebut konon juga sangat beracun. Bahkan, jika seseorang memakan buahnya, bisa mengakibatkan kram usus, muntah, diare, atau yang paling parah bisa menyebabkan kebutaan hingga kematian.

loading...
loading...