Aneka Cara Mengupas Mangga

Pertanianku — Berbagai cara mengupas mangga bisa dipraktikkan untuk menikmati buah yang satu ini. Rasa yang manis asam dan tekstur yang lembut namun tidak lembek membuat mangga banyak digemari. Cara mengonsumsi mangga pun mudah. Ada berbagai cara mengupas mangga yang bisa Anda lakukan.

cara mengupas mangga
Foto: freepik

Mangga kotak-kotak

Cara mengupas mangga agar menjadi kotak-kotak sangat sederhana. Anda hanya memerlukan pisau sebagai alat bantu potong. Mangga yang bisa digunakan adalah semua jenis mangga, baik yang lunak maupun berserat.

Loading...

Mangga kotak-kotak dibuat dengan mengiris bagian pinggir mangga dengan tebal. Potong bentuk kotak-kotak di bagian mangga tersebut. Namun, jangan terlalu dalam sehingga mangga tidak teriris. Mangga pun bisa langsung dinikmati.

Mengupas mangga dengan gelas

Jenis mangga yang bisa dikupas dengan cara ini umumnya adalah mangga dengan tekstur yang lembut. Walaupun mangga berserat juga bisa dikupas dengan cara ini, mengupas mangga ini tidak akan semudah mengupas mangga yang bertekstur lembut.

Cara mengupas mangga dengan cara ini hampir sama dengan mengupas mangga kotak-kotak. Iris bagian samping mangga dengan tebal. Siapkan gelas yang bagian tepiannya tipis. Kupas mangga dengan menekan bagian pinggir mangga ke dalam gelas.

Mengupas mangga avokad

Jenis mangga avokad bisa dikupas dengan sangat mudah. Mangga ini terkenal memiliki tekstur yang sangat lembut seperti avokad. Anda hanya perlu menyiapkan pisau.

Cara mengupas mangga avokad adalah dengan memotong secara horizontal. Putar pisau hingga terpotong 360 derajat. Jika sudah, putar mangga dan tarik perlahan. Mangga pun akan terbelah dan tampak bagian biji mangga di dalamnya.

Menguliti mangga dengan jari

Jika tidak ada alat bantu potong apa pun, Anda tetap bisa mengupas mangga dengan cara dikuliti. Mangga yang sudah matang umumnya akan lebih mudah dikupas dengan cara ini. Tarik bagian pangkal mangga hingga ke bagian ujung bawahnya.

Baca Juga:  Kenali Prospek Budidaya Melon

Gunakan alat khusus pengupas mangga

Kini, berbagai alat pengupas mangga sudah banyak tersedia di pasaran. Alat yang paling sederhana adalah alat pengupas sederhana yang digunakan untuk mengupas kulit mangganya saja yang disebut peeler. Hingga ada pula alat untuk mengupas mangga dan membentuknya menjadi panjang dan tipis bernama mango twister.

Loading...
Loading...