Aneka Hama pada Tanaman Hidroponik

Pertanianku — Tak hanya tanaman yang dibudidayakan dengan cara konvensional, tanaman hidroponik juga tak luput dari serangan hama dan penyakit. Hama tanaman hidroponik tak jauh berbeda dari tanaman kebanyakan. Berikut ini beberapa hama yang patut Anda waspadai bisa menyerang tanaman Anda.

Hama tanaman hidroponik
Foto: freepik

Ulat

Hama ulat biasa menyerang banyak tanaman. Salah satu jenis tanaman yang paling sering diserang adalah tanaman cabai. Ulat penyerangnya adalah ulat grayak atau dalam bahasa Latin dikenal sebagai Spodoptera litura.

Loading...

Ulat akan memakan daun-daun pada tanaman hidroponik. Kemampuan ulat yang patut diwaspadai adalah mampu melahap banyak daun dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, proses fotosintesis tanaman pun terganggu.

Thrips

Hewan ini memiliki nama ilmiah Thrips tabaci. Thrips adalah hama yang biasanya menyerang tanaman cabai. Ciri utama tanaman yang terserang thrips adalah daun keriting dan menggulung ke atas, terutama pada bagian daun mudanya.

Jika dibiarkan, tanaman akan kering dan mati. Produktivitas tanaman pun akan menurun sehingga mengakibatkan gagal panen. Selain daun, thrips juga mengancam bunga menjadi lebih cepat kering dan rontok.

Tungau

Serangan yang disebabkan oleh tungau bisa dikenali dari bintik kuning di permukaan daun. Bintik tersebut akan terlus melebar dan warnanya berubah lebih gelap menjadi kecokelatan hingga hitam. Selain berbintik, daun juga akan menjadi keriting dan menggulung ke bawah seperti sendok terbaik.

Hama tungau bisa mengganggu tanaman hidroponik Anda karena menghisap cairan daun dalam jaringan mesofil. Jaringan pun rusak dan fotosintesis tanaman terganggu. Akibatnya, produktivitas tanaman juga menurun.

Kutu putih

Nama ilmiah dari kutu putih adalah Bernisia tabaci. Kutu putih juga dijuluki sebagai kutu kebul. Kutu ini merupakan salah satu jenis lalat putih yang sudah lama dikenal sebagai hama berbagai tanaman.

Baca Juga:  Revitalisasi Peran BPP Guna Mendukung Pertanian dari Kecamatan

Anda akan menjumpai kutu putih terutama di kawasan dengan iklim sedang. Di suhu dingin, kutu putih tidak akan bertahan lama. Beberapa tanaman yang rentan oleh serangan kutu putih adalah tomat, mentimun, buncis, kembang kol, kubis, melon, terung, dan okra.

Loading...
Loading...