Aneka Jenis Pisang yang Cocok Digoreng

Pertanianku Pisang untuk digoreng berbeda dengan pisang untuk konsumsi langsung. Pisang yang digunakan sebagai bahan baku pisang goreng harus memiliki rasa dan tekstur yang cocok jika dimasak dengan suhu tinggi. Berikut ini jenis-jenis pisang yang cocok digoreng yang bisa Anda pilih.

Pisang untuk digoreng
Foto: instagram lestarisahidin

Pisang kepok

Penjual gorengan menggunakan pisang kepok karena pisang ini merupakan jenis pisang untuk digoreng. Teksturnya yang keras lebih cocok diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Selain itu, pisang kepok juga banyak terdapat di pasaran dan mudah dicari. Ketersediaan yang melimpah juga menjadi pertimbangan dipilihnya pisang yang satu ini.

Loading...

Rasa dari pisang kepok kuning lebih manis ketimbang kepok putih. Pisang kepok juga memiliki tekstur daging yang padat. Ciri pisang kepok adalah kulit yang tebal. Kulit ini berwarna kuning saat sudah matang. Bentuk pisang pun pipih cenderung melebar.

Pisang raja

Panjang pisang raja berkisar 25—30 cm saja. Pohon pisang raja sangat mudah ditemui di Indonesia sehingga ketersediaannya berlimpah. Pisang raja populer digunakan sebagai bahan pisang goreng karena rasanya manis dan aromanya yang harum. Warna kulitnya kuning ketika sudah matang,

Selain digoreng, pisang raja juga banyak digunakan sebagai bahan baku pisang olahan. Mulai dari pisang rebus, nagasari, dan lain-lain. Pisang raja lebih nikmat diolah saat belum matang.

Pisang nangka

Daging pisang nangka tidak terlalu lembut. Oleh karena itu, kurang cocok jika langsung dikonsumsi. Salah satu cara mengolah pisang nangka adalah dengan menjadikannya pisang goreng. Rasa pisang nangka manis dan sedikit asam.

Ciri pisang nangka adalah kulitnya yang selalu hijau, bahkan ketika sudah matang sekali pun. Cara mengetahui pisang nangka yang sudah matang adalah dengan memeriksa bagian ujungnya. Jika kuncup bunga sudah mengering, menghitam, dan mudah terlepas, pisang tersebut sudah matang dan cocok untuk digoreng.

Baca Juga:  Hindari Memasak Udang dengan Cara Ini!

Pisang tanduk

Panjang pisang tanduk bisa mencapai 25—35 cm. Ukurannya yang panjang ini juga membuat pisang tanduk diminati sebagai pisang goreng. Pisang tanduk disebut demikian karena bagian ujungnya melengkung seperti tanduk.

Ciri pisang tanduk adalah kulitnya yang agak tebal. Warna kulit akan menguning begitu sudah matang dan warna daging buahnya berwarna putih kekuningan. Pisang tanduk hanya enak dikonsumsi bila diolah terlebih dahulu.

Loading...
Loading...