Aneka Jenis Tanaman Hias Berdasarkan Bentuk dan Pola Hidupnya

Pertanianku Jenis tanaman hias sangat beragam. Salah satu penggolongan tanaman hias yang paling sering digunakan adalah berdasarkan bentuknya. Selain itu, tanaman hias juga dapat dikelompokkan dari pola hidupnya.

Jika Anda ingin membuat sebuah taman, komposisi jenis tanaman hias akan menentukan keindahan suatu taman. Mulai dari tinggi, ukuran, hingga penggolongan khusus. Berikut ini jenis-jenis tanaman hias yang patut diketahui sebelum Anda membuat taman.

Herba dan semak

Jenis tanaman hias
foto: freepik

Tanaman yang dapat dikategorikan sebagai herba dan semak adalah tumbuhan yang memiliki batang kecil dan sedikit mengayu. Tanaman ini memiliki percabangan rendah atau menempel pada tanah. Anda bisa bertanam kemangi, seledri, ataupun ketumbar yang selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur juga dapat mempercantik ruangan.

Perdu

Jenis tanaman hias
Foto: pixabay

Perdu berukuran lebih besar daripada semak, serta memiliki percabangan yang relatif lebih tinggi. Biasanya, perdu merupakan pohon berbatang tegak. Jenis tanaman hias perdu antara lain kembang sepatu dan kaca piring.

Tanaman merambat

Jenis tanaman hias
Foto: freepik

Berbeda dengan perdu ataupun semak, ada jenis tanaman lain dengan batang kecil yang tumbuh merambat. Tanaman ini memerlukan sandaran dalam pertumbuhannya. Contoh tanaman hias merambat adalah alamanda, bugenvil, hingga lampion irian.

Pohon

Jenis tanaman hias
Foto: pixabay

Sebutan pohon disematkan bagi tanaman yang berbatang besar dengan percabangan yang tinggi dan terletak di atas tanah. Beberapa pohon yang dapat dikategorikan ke dalam tanaman hias adalah pohon glodogan, pohon tanjung, dan pohon bodi.

Tanaman air

Jenis tanaman hias
Foto: freepik

Tanaman hias air sangat beragam. Tanaman ini cocok ditanam terutama bila Anda memiliki kolam ikan. Beberapa jenisnya adalah teratai, paku ekor kuda, dan tipa. Cara menanamnya pun tidak sulit, begitu pula dengan perawatannya karena tidak memerlukan penyiraman secara rutin.

Baca Juga:  Jenis-jenis Angrek Primitif yang Ada di Indonesia

Palem

Jenis tanaman hias
Foto: freepik

Menghias taman akan terasa kurang tanpa kehadiran tanaman ini. Palem merupakan kelompok famili Palmae. Anda dapat bertanam banyak jenis palma mulai dari phunix, lontar, palem segitiga, kamedoria, kariota, aren, hingga ekor tupai.

Bentuk palem pun sangat beragam. Ada palem dengan ukuran yang besar dan ada pula palem hias mini. Palem berukuran kecil ini cocok ditanam dalam pot dan diletakkan di teras ataupun bagian dalam rumah Anda.

Bambu

Jenis tanaman hias
Foto: pixabay

Famili Graminae atau Poaceae, lebih dikenal sebagai bambu, juga dapat digunakan sebagai tanaman untuk mempercantik halaman rumah. Sama seperti palem, jenis dan ukuran bambu hias juga sangat beragam. Mulai dari rumput air, bambu kuning, hingga rumput sate.

Paku-pakuan

Jenis tanaman hias
Foto: freepik

Paku-pakuan merupakan tanaman tanpa batang karena tubuhnya langsung menancap pada tanah atau tanaman inangnya. Beberapa famili paku-pakuan hias adalah Polypodiaceae, Pteridaceae, Selaginellaceae, Oleandraceae, Davalliaceae, Marattiaceae, dan Aspleniaceae.

Kaktus dan sukulen

Jenis tanaman hias
Foto: pixabay

Jika Anda ingin bertanam tanaman hias yang tidak terlalu membutuhkan banyak air, Anda dapat bertanam kaktus ataupun sukulen. Tanaman ini adalah jenis tanaman lunak yang tidak berkayu. Batangnya dapat digunakan untuk menyimpan air. Contoh tanaman ini adalah Neoregelia sp., Aloe sp., dan Mammilaria elongata.

Tanaman buah

Jenis tanaman hias
Foto: freepik

Beberapa jenis tanaman buah juga dapat sekaligus digunakan sebagai tanaman hias pekarangan. Biasanya, tanaman buah ditanam di halaman seperti pohon durian, pohon rambutan, dan pohon pala.


loading...