Aneka Jenis Tempat Pakan Ayam

Pertanianku Tempat pakan ayam menjadi peralatan pendukung yang harus disediakan dari masa awal pemeliharaan hingga ayam dipanen. Penyediaan tempat pakan tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat menyebabkan proses peternakan menjadi tidak lancar. Akibatnya, bisa memengaruhi perkembangan ayam.

tempat pakan ayam
foto; pertanianku

Tempat pakan harus disediakan sesuai dengan jumlah ayam yang dipelihara. Hal ini berguna untuk mencegah adanya ayam tidak mendapatkan makanan karena tempat pakan sedikit. Ayam yang kekurangan makanan bisa mengalami stres dan mudah sakit.

Saat masa istirahat kandang, pakan harus disterilisasi agar bisa dipergunakan kembali dan tidak membawa bibit penyakit pada ayam yang akan diternakkan. Tempat pakan memang bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bibit penyakit di dalam kandang.

Loading...

Fungsi utama dari tempat pakan adalah mencegah pakan jangan sampai tercecer dan berantakan. Ada beberapa jenis tempat pakan yang bisa digunakan untuk beternak ayam. Jenis tersebut bisa disesuaikan berdasarkan umur dan ukuran ayam.

Berikut ini jenis-jenis tempat pakan ayam.

Feeder chick tray

Feeder chick tray merupakan tempat pakan untuk DOC. Tempat pakan ini berbentuk seperti nampan untuk memudahkan DOC meraih pakan. Feeder chick tray biasanya digunakan hingga anak ayam berumur 7 hari. Saat Anda ingin mengganti tempat pakan, sebaiknya lakukan secara perlahan agar DOC bisa terbiasa dengan tempat pakan yang baru, yaitu tempat pakan galon.

Namun, pakan yang disediakan di dalam feeder chick tray rentan tercampur sekam dan kotoran sehingga Anda harus rutin untuk membersihkannya.

Baby chick feeder

Baby chick feeder berfungsi hampir sama seperti feeder chick tray. Hanya saja tempat pakan ini bisa mencegah sekam atau kotoran masuk ke tempat pakan. Dengan begitu, pakan untuk DOC akan jauh lebih sehat dan bersih.

Baca Juga:  Kendala-kendala Beternak Jangkrik

Tempat pakan galon

Tempat pakan galon terdiri atas piringan dan tabung yang dikaitkan dengan kawat. Tinggi tempat pakan ini bisa disesuaikan dengan jangkauan ayam. Tempat pakan ini digunakan untuk ayam broiler yang sudah berumur tujuh hari. Ada tiga ukuran galon yang bisa Anda jumpai, yaitu 7 kg, 5 kg, dan 3 kg.

Loading...
Loading...