Aneka Olahan Daging Ikan Lele yang Bisa Mendatangkan Keuntungan

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang sering dialami peternak adalah cara pemasaran produk. Mengolah ikan lele menjadi produk olahan daging ikan lele merupakan salah satu cara pemasaran ikan lele yang bisa Anda coba. Selain dapat membuat daya simpan ikan lele menjadi lebih lama, harga jual produk ikan lele yang Anda hasilkan pun lebih tinggi.

olahan daging ikan lele
foto: https://perpus.jatengprov.go.id/

Pembuatan makanan olahan daging ikan lele bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan untuk peternak skala rumahan. Selain itu, ada sebagian konsumen yang lebih tertarik mengonsumsi ikan lele yang sudah diolah karena dinilai lebih praktis. Berikut ini beberapa pilihan olahan ikan lele yang bisa Anda buat untuk dijadikan ladang usaha.

Lele asap

Lele asap merupakan olahan ikan lele yang menggunakan bahan segar. Pengasapan ikan lele juga menjadi cara untuk mengawetkan ikan secara tradisional. Olahan lele ini disukai karena memiliki rasa yang khas dan lebih tahan lama.

Lele kering asin

Cara pengawetan ikan lele lainnya adalah penggaraman dan pengeringan. Lele yang sudah kering akan mengalami penyusutan volume sehingga lebih mudah dikemas dan dikirim. Jika dikemas dengan baik, lele kering asin bisa menjadi produk berdaya jual tinggi.

Dendeng lele

Dendeng lele merupakan produk olahan tradisional yang dibaut dari sayatan daging lele yang diberi bumbu dan kemudian dikeringkan. Rasa dendeng lele bisa dibuat menjadi manis, gurih, dan asin.

Abon lele

Abon merupakan lauk pauk yang mudah untuk dikonsumsi dengan rasanya yang gurih. Abon mempunyai daya simpan yang cukup lama sehingga bisa memudahkan Anda untuk pemasaran abon. Selain itu, abon merupakan menu makanan yang sudah sangat familiar di Indonesia. Anda bisa membuat rasa abon yang sesuai dengan selera konsumen.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kolam Tanah untuk Pemijahan Belut

Kerupuk amplang lele

Amplang merupakan kerupuk berbentuk bulat memanjang dan diolah dengan menggunakan campuran daging lumat ikan dan tepung tapioka. Amplang sering dijadikan camilan atau makanan pendamping untuk menambah cita rasa gurih.

Krsipi daging lele

Daging ikan lele bisa diolah menjadi krispi dengan cara digoreng sehingga teksturnya menjadi renyah dan gurih. Produk olahan ini bisa menggunakan daging atau beserta tulang ikannya juga.

Masih ada banyak produk yang bisa dibuat dari daging ikan lele. Dalam buku Aneka Produk Olahan Lele terbitan Penebar Swadaya, mengulas 10 produk olahan dari ikan lele, mulai dari bahan, peralatan, hingga cara mengolah produk olahan dengan pembahasan yang mudah dimengerti. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi bisnis Anda.


loading...