Aneka Olahan Talas Beneng


Pertanianku — Talas beneng merupakan talas dengan ukuran sangat besar asal Pandeglang, Banten, Jawa Barat. Talas ini awalnya merupakan tanaman liar, namun sekarang sudah banyak aneka olahan talas beneng yang dijadikan makanan selingan oleh masyarakat.

aneka olahan talas beneng
Foto: Google Image

Berikut ini jenis panganan yang berasal dari talas beneng yang bisa Anda coba buat di rumah, dikutip dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten.

  1. Cake beneng

Bahan yang diperlukan, yaitu 50 gram talas beneng, dikukus dan dihaluskan, 50 gram tepung terigu protein rendah, 10 gram tepung maizena, 10 gram susu bubuk, ½ sdt baking powder, 40 gram gula pasir halus, 4 kuning telur, 1sdt emulsifier, 2 sdm santan kental manis, 25 gram margarin lelehkan dan dinginkan, 4 putih telur, ¼ sdt garam, 60 gram gula pasir halus.

Untuk olesannya, Anda bisa menggunakan butter cream dan keju cheedar parut secukupnya.

Cara membuatnya:

  • Kocok kuning telur, gula pasir halus , tepung dan SP sampai mengembang, tambahkan talas, santan dan margarin leleh, kocok perlahan.
  • Masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder ayak, aduk sampai rata, sisihkan.
  • Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang, tambahkan gula pasir halus sambil terus dikocok sampai mengembang, tambahkan gula pasir halus sambil terus dikocok sampai mengembang dan kaku ‘soft peak’.
  • Tuang adonan ke terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai homogen, tuang ke loyang persegi ukuran 20×20 cm yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti.
  • Panggang 30 menit dengan suhu 180° C.
  • Setelah matang dan dingin, oles dengan butter cream dan taburi keju cheddar
  1. Kroneng (kroket beneng)

Bahan yang diperlukan, yaitu 500 gram beneng kukus, dihaluskan, 2 butir telur kocok, 100 ml susu cair, 50 gr wortel potong dadu kecil, 50 gr ayam suwir, 2 siung bawang putih dihaluskan, 2 siung bawang merah dihaluskan, garam, dan penyedap secukupnya. Pala bubuk secukupnya, merica secukupnya, minyak untuk menggoreng, 100 gr tepung roti.

Baca Juga:  Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah Menurut BPOM

Cara membuat:

  • Aduk beneng kukus dengan 100 ml susu cair pada api sedang.
  • Masukkan wortel, ayam suwir, bawang merah halus, bawang putih halus, merica, pala, garam, penyedap, kemudian aduk sampai mengental, dinginkan.
  • Setelah dingin, adonan dibuat bulatan-bulatan kecil, celupkan ke telur kocok, tiriskan, taburi dengan tepung roti sampai merata.
  • Goreng menggunakan minyak dengan panas sedang.
loading...
loading...