Aneka Produk Jangkrik yang Laku di Pasaran

Pertanianku — Saat ini jangkrik sudah diproduksi secara massal di beberapa negara. Kandungan nutrisi serangga ini sudah terbukti ampuh memenuhi kebutuhan nutrisi manusia. Namun, saat jangkrik sudah siap dipanen, harus segera dikonsumsi karena jika semakin menua umurnya malah tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, lahirlah beberapa aneka produk jangkrik. Simak ulasan berikut.

produk jangkrik
foto: pertanianku

Jangkrik kering

Untuk membuat produk jangkrik kering, hal pertama yang dilakukan adalah menimbang jangkrik hidup sesuai bobot yang telah ditentukan sebelum diproses. Jangkrik kering diolah dengan cara dipanggang dalam oven selama 20—30 menit.

Loading...

Jangkrik yang sudah kering akan hancur jika ditekan hanya dengan menggunakan ibu jari. Jangkrik yang sudah kering dapat dikemas atau disimpan dan dikemas untuk diolah ke tahap berikutnya menjadi tepung jangkrik.

Pada proses jangkrik sedang dipanggang, wajib diperhatikan besaran suhu dan waktu yang dibutuhkan. Tidak ada patokan pasti besaran suhu karena setiap oven memiliki kualitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mencatat suhu yang tepat agar jangkrik tidak gosong.

Tepung jangkrik

Pembuatan tepung jangrik merupakan langkah lanjutan dari jangkrik kering. Jangkrik yang telah kering dihancurkan dengan bantuan penggiling hingga hancur dan berbentuk tepung. Proses penghancuran berlangsung secara bertahap atau berulang-ulang untuk menghasilkan tepung yang bagus. Tepung yang sudah jadi dapat dikemas dan dijual.

Tepung jangkrik dapat diolah menjadi beragam jenis masakan dan dijadikan bahan untuk bisnis karena rasa dari tepung jangkrik tidak kalah lezat dibanding tepung-tepung pada umumnya. Terlebih lagi, tepung ini sangat bergizi. Tepung bisa dimodifikasi menjadi tepung siap pakai untuk menggoreng tempe, tahu, dan lain-lain.

Minyak jangkrik

Minyak jangkrik merupakan produk jangkrik yang dibuat dari jangkrik dewasa, berusia sekitar 30 hari. Jangkrik yang sudah berumur lebih dari 30 hari bahkan berumur 35 hari sudah tidak bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak karena kandungan air pada jangkrik sudah menyusut.

Baca Juga:  Kerupuk Tulang Lele, Ide Bisnis yang Lezat

Minyak jangkrik sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal seperti produk-produk kosmetik herbal, suplemen kesehatan herbal, dan produk-produk obat herbal lainnya.

Loading...
Loading...