Aneka Produk Olahan Mangga Unik

Pertanianku — Tanpa diolah, buah mangga sendiri sudah memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan. Mengonsumsi dalam keadaan segar bukanlah satu-satunya jalan untuk menikmati kelezatan buah ini. Mangga juga bisa diolah menjadi produk olahan yang mudah dikonsumsi. Pengolahan juga bisa menjadi solusi mengatasi stok mangga yang berlebih ketika memasuki puncak panen. Berikut ini beberapa produk olahan mangga yang unik.

olahan mangga
foto: Pertanianku

Mangga kering

Melansir dari Majalah Trubus Edisi Maret 2022, Yosini beserta tim dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjajaran, fokus meriset ragam olahan Mangifera indica, salah satunya menjadi mangga kering. Saat ini Yosini dan tim telah memproduksi mangga kering dengan merek Ifera.

Mangga kering tersebut memiliki cita rasa seperti mangga aslinya karena dibuat tanpa gula. Bahan yang ditambahkan hanya larutan dehidrasi osmosis. Sebenarnya, semua varietas cocok diolah menjadi mangga kering, tetapi riset menunjukkan, mangga kweni menjadi jenis yang paling bagus karena memiliki banyak serat.

Produk mangga kering masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Hal ini karena proses yang kurang tepat dapat membuat mangga bertekstur alot sehingga sulit digigit.

Mango leather

Mango leather merupakan lembaran daging buah mangga yang mirip seperti nori (lembaran tipis rumput laut kering). Lembaran daging buah mangga bisa dibuat dari berbagai varietas mangga apa saja, yang terpenting tingkat kematangannya lebih dari 90%.

Bubuk ekstrak buah mangga

Buah mangga juga bisa disulap menjadi bubuk ekstrak mangga yang digunakan untuk meracik minuman atau makanan bercita rasa mangga.

Manisan kering mangga

Produk manisan kering mangga yang berkualitas baik ditandai dengan aroma manis khas buah mangga.

Produk olahan nonpangan

Selain menjadi produk olahan pangan, mangga juga bisa diolah menjadi produk nonpangan seperti kertas, sabun, dan pewangi. Kertas mangga terbuat dari bagian terluar dari biji mangga. Di bagian tersebut terdapat serat yang bisa dikombinasikan dengan serat bambu atau tanaman lain sehingga daya sobeknya menjadi lebih kuat.

Baca Juga:  Lika Liku Ekspor Avokad

Sementara itu, produk sabun yang terbuat dari buah mangga bisa berupa sabun padat, sabun cair, kertas sabun, penyanitasi tangan, dan pewangi ruangan.