Anggrek Vanda Mampu Mekar Lebih Lama

Pertanianku — Ada jenis anggrek yang mampu mekar lebih lama, yakni Vanda. Jenis anggrek ini memiliki beberapa karakter unggul bila dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Keunggulan anggrek vanda adalah memiliki warna dan corak yang variatif, ukuran bunga besar, bentuk bunga menarik, rajin berbunga (dalam setahun bisa berbunga 2–3 kali per tahun), ketahanan mekar bunga lebih lama, dan mudah dibudidayakan.

anggrek vanda
foto: http://balithi.litbang.pertanian.go.id/

Melansir dari balithi.litbang.pertanian.go.id, pengembangan anggrek Vanda dan kerabatnya di Indonesia masih belum semaksimal pengembangan anggrek Dendrobium dan Phalaenopsis. Pengembangan kedua jenis anggrek tersebut tergolong cepat sehingga banyak varietas-varietas baru. Lambannya pengembangan jenis anggrek ini disebabkan oleh pertumbuhannya yang lambat dan lamanya umur berbunga dibanding kedua jenis anggrek tadi.

Proses pengembangan yang lambat membuat harga jual anggrek Vanda justru menjadi tinggi. Apalagi, ditambah Vanda mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis anggrek lainnya.

Permasalahan lain yang kerap ditemui dari budidaya anggrek Vanda adalah masih jarang diusahakan di Indonesia dan hanya beberapa jenis Vanda yang sudah dikembangkan seperti Vanda Genta Bandung, Arachnis Maggie Oei, serta Aranthera James Storie yang berwarna ungu, kuning pucat, dan merah. Namun, anggrek-anggrek tersebut masih belum menjadi tanaman utama dalam rangkaian bunga.

Balai Penelitian Tanaman Hias telah merilis varietas unggul baru anggrek Vanda yang diberi nama Netchia Agrihorti. Pelepasan varietas tersebut menjadi bentuk dukungan untuk mengembangkan usaha budidaya anggrek Vanda di Indonesia.

Netchia Agrihorti memiliki warna dasar bunga ungu cerah dengan corak bunga berwarna merah keunguan kuat/fuchsia/strong purplish red. Bibir bunga jenis anggrek ini memiliki dua warna, yaitu merah muda keunguan sedang dan di bagian ujungnya berwarna merah ungu tua (deep purplish red).

Baca Juga:  Deretan Produk Olahan Porang

Jumlah kuntum bunga Netchia Agrihorti dalam satu rangkaian sebanyak 6–9 kuntum. Anggrek ini memiliki karakter ketahanan mekar kuntum bunga selama 28–40 hari. Karakter ketahanan inilah yang menjadi keunggulan varietas andalan Balithi.