Inilah Manfaat Anggur Merah Untuk Jantung


Pertanianku – Anggur merah merupakan salah satu minuman beralkohol. Minuman ini dapat mebahayakan kesehatan, salah satunya, merusak jantung. Namun, tidak selamanya minuman beralkohol itu bisa menimbulkan kerusakan pada jantung. Ini karena ternyata dalam kadar tertentu ada satu jenis minuman beralkohol yang justru bermanfaat untuk jantung.

Anggur Merah Bermanfaat Untuk Jantung

Anggur merah atau yang dikenal red wine di Eropa sudah sangat terkenal sebagai minuman beralkohol yang bermanfaat bagi jantung. Seperti apa manfaat anggur merah untuk jantung?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar peneliti yang berasal dari Georgian University of Science and Technologi bekerja sama dengan Karolinska Institute menemukan fakta bahwa anggur merah sangat bermanfaat untuk jantung. Hal tersebut diungkapkan setelah melakukan penelitian yang melibatkan hampir 61 ribu catatan medis para penderita penyakit jantung.

Dari hasil penelitian tersebut tercatat bahwa mereka yang justru mendapat serangan jantung adalah orang yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi minuman anggur merah. Hasil tersebut pun membuat para peneliti terus melakukan penelitian lebih dalam. Hasilnya sangat mengejutkan. Dari ribuan relawan ditemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi anggur merah antara satu hingga lima kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena gagal jantung sebanyak 21 sampai 23 persen ketimbang mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi minuman ini.

Anggur merah juga memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Meski bermanfaat bagi jantung, anggur merah tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan. Anggur merah bisa dikonsumsi maksimal tiga sampai lima kali dalam satu minggu. Dalam penelitian juga menyebutkan bahwa angka gagal jantung yang sangat tinggi terjadi bagi mereka yang mengonsumsi alkohol lebih dari lima kali dalam satu minggu, apalagi dikonsumsi dalam jangka waktu yang sangat lama. Namun, cara terbaik menyehatkan jantung tentu saja dengan berolahraga teratur.

Baca Juga:  Usia Produktif Tanaman Kopi yang Ideal
loading...
loading...