Anjing Kampung Mampu Melacak Narkoba

Pertanianku – Pernahkah Anda mendengar anjing kampung atau anjing asli Indonesia mampu melacak narkoba? Pasti banyak di antara kita meremehkan hal tersebut, bukan? Pasalnya, seperti yang kita tahu, anjing yang biasa digunakan untuk membantu kepolisian dalam memberantas narkotika adalah anjing yang khusus didatangkan langsung dari luar negeri. Ini karena anjing tersebut dianggap lebih mampu untuk melacak jejak narkotika. Sebagian besar pemikiran masyarakat seperti itu, bukan?

Anjing Kampung Mampu Melacak Narkoba

Yayasan Pecinta Satwa Jakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Jakarta Dog Lovers mulai melatih anjing-anjing lokal melacak narkotika. Tujuannya, membantu dan melindungi keluarga Indonesia dari jerat narkotika yang dapat merusak mental bangsa.

Loading...

Seperti acara rutin yang diselenggarakan Jakarta Dog Lovers belum lama ini, yakni memamerkan kepada masyarakat bahwa anjing kampung jika dilatih dengan benar mampu mendeteksi narkoba.

Anjing lokal dilatih dan dibimbing oleh para instruktur dan pelatih anjing besutan Rachmatdi Hatmosrojo atau yang biasa disapa Aang. Ia merupakan seorang pelatih anjing yang dengan tegas mengatakan bahwa anjing lokal atau anjing asli Indonesia mampu dan bisa melacak narkotika sama seperti anjing kepolisian yang didatangkan khusus dari luar negeri.

Anjing lokal seperti anjing kintamani, anjing yang berasal dari Bali ini pun dapat dilatih dan dibimbing untuk membantu kepolisian dan masyarakat memberantas narkotika. Untuk melatih anjing dapat mendeteksi keberadaan narkotika memerlukan waktu 9 bulan.

Komunitas Jakarta Dog Lovers membantu masyarakat yang ingin memiliki anjing lokal yang dapat dijadikan anjing pelacak. Jakarta Dog Lover pun memiliki slogan “Dinaskan Jangan Donasian”. Slogan tersebut diartikan: latihlah anjing Anda sebagai anjing pelacak yang berguna. Sudah percaya kan jika anjing kampung mampu melacak narkoba.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan
Loading...
Loading...