Anjing Warna Biru Muncul di India, Kok Bisa!


Pertanianku – Jagat maya baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan anjing berwarna biru di Mumbai, India. Awalnya, fenomena ini terkuak ke publik beberapa waktu lalu melalui laman Facebook resmi LSM Navi Mumbai Animal Protection Cell. Laman tersebut mem-posting sejumlah anjing yang berwarna biru. Hal tersebut disinyalir karena anjing terpapar cat atau tinta berwarna biru.

The Guardian, belum lama ini melaporkan, otoritas Mumbai telah menyelidiki pencemaran zat pewarna ke air Sungai Kasadi sebagai penyebabnya. Sebab, di sungai itu hewan-hewan lokal kerap berendam atau berenang untuk menyejukkan diri.

“Ini mengejutkan kita. Lihatlah bagaimana warna bulu anjing-anjing itu yang putih menjadi biru seluruhnya. Kita sudah minta otoritas setempat untuk menindak tegas pabrik-pabrik demikian (yang membuang limbah sembarangan),” terang Arati Chauhan, kepala LSM Navi Mumbai Animal Protection Cell, seperti dikutip The Guardian.

Di Mumbai, India terdapat Sungai Kasadi yang mengalir melalui Taloja, yakni kawasan industri yang sedikitnya terdapat 977 unit pabrik yang mencakup industri kimia, farmasi, mesin, serta makanan kaleng.

Tercemarnya Sungai Kasadi berimbas tidak hanya pada hewan, tetapi juga manusia dan tanaman sekitar. Untuk itu, otoritas Mumbai telah menutup satu unit pabrik yang diduga telah membuang limbah zat pewarna ke Sungai Kasadi.

Sejauh ini, “perubahan” warna bulu tidak menyakiti atau mengancam nyawa 11 anjing itu. LSM pimpinan Arati Chauhan berencana menangkap anjing-anjing tersebut untuk membersihkan tubuh mereka.

Baca Juga:  Lima Orangutan Dilepasliarkan oleh BOSF ke Kehje Sewen
loading...
loading...