Anti-amis, Ini Trik Mengolah Kerang agar Nikmat

Pertanianku — Siapa yang tidak suka dengan olahan kerang? Menu makanan laut ini disukai karena rasanya yang nikmat dan tekstur kenyalnya yang khas. Kerang adalah salah satu makanan laut yang mengandung nutrisi sangat baik bagi tubuh. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara menghilangkan bau amis pada kerang. Berikut ini trik mengolah kerang agar makin nikmat.

mengolah kerang
Foto: freepik

Anda dapat membeli kerang di pasar tradisional, supermarket, ataupun pasar ikan. Kerang biasanya dijual secara kiloan dengan menimbangnya terlebih dahulu. Kerang ini bisa dijual dalam bentuk sudah dikupas ataupun belum dilepaskan dari cangkangnya.

Jenis kerang yang beredar di pasaran sendiri sangat beragam. Mulai dari kerang dara, kerang hijau, kerang bambu, dan banyak lagi. Kerang ini kebanyakan didapatkan dengan mengambilnya dari perairan. Kerang juga dapat dibudidayakan.

Loading...

Saat membeli kerang, hindari membeli kerang yang sudah terbuka. Kerang ini menunjukkan bahwa ia sudah tidak segar dan memiliki aroma yang tajam. Jika diolah dengan kerang segar, aromanya akan menular.

Aroma amis pada kerang ini dapat dihilangkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membersihkan kerang pada air mengalir. Bau amis dapat timbul karena kotoran pada air laut yang menyangkut di kerang. Saat mencuci, hilangkan pula bekas lumpur yang mungkin masih terdapat pada kerang.

Mengolah kerang sebenarnya cukup sederhana. Kerang dapat dimasak dengan bumbu asam manis ataupun bumbu saus lainnya. Namun, kerang yang direbus dengan bumbu sederhana juga tak kalah lezat. Biasanya, orang menghindari kerang karena kandungan mineralnya yang tinggi atau karena aromanya yang amis.

Semakin kompleks bumbu yang digunakan untuk mengolah kerang, aroma amis kerang akan semakin berkurang. Bumbu berupa rempah dan bawang dapat ditambahkan untuk menyamarkan aroma kerang.

Baca Juga:  Sering Disangka Sama, Ini Perbedaan Soun dan Bihun

Selain itu, Anda juga dapat mengolah kerang menjadi menu masakan berkuah. Cara ini dapat membuat aroma kerang berkurang. Gunakan air lemon, santan, atau susu sebagai bumbu kuah tersebut.

Memasak dengan api kecil juga dianjurkan untuk mengurangi bau manis pada kerang. Hal ini karena api kecil akan membuat bumbu lebih meresap dalam masakan dan kerang tidak cepat matang.

Terakhir, tutup panci saat memasak kerang. Uap rempah dan bumbu lainnya akan terperangkap dalam panci sehingga membuat kerang menyerap aroma tersebut lebih banyak.

Loading...
Loading...