Antisipasi Kemarau Panjang, Kementan Siapkan Puluhan Ribu Pompa


Pertanianku – Guna mengantisipasi kemarau panjang, Kementerian Pertanian (Kementan) mengimbau masyarakat tak perlu khawatir. Kekhawatiran masyarakat kerap terjadi akibat kemarau panjang, terlebih para petani. Hal ini karena kemarau panjang sangat berpengaruh terhadap produksi padi.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa untuk menghadapi kemarau panjang, Kementan sudah menyiapkan pompa. “Puluhan ribu pompa kami siapkan. Alhamdulillah ya. Dulu, el Nino saja bisa ditangani, dulu itu terberat sepanjang sejarah,” terang Mentan, melansir dari Republika (11/8).

Pihaknya pun telah melakukan berbagai upaya untuk menaikkan produksi ketika musim kemarau tiba. Salah satu caranya dengan membenahi sistem mekanisasi guna mencapai swasembada, yakni dengan memanfaatkan teknologi sehingga bisa menekan biaya 30—50 persen jika mengaplikasikan mekanisme tersebut.

Sebelumnya, Menteri Amran mencontohkan, kalau menanam, biayanya dibutuhkan Rp2 juta. Namun, dengan mekanisasi sekarang bisa menghemat jadi Rp1 juta. “Ada juga, yang harganya Rp1,5 juta menjadi Rp700.000. Itulah maksud kita melakukan mekanisasi besar-besaran,” ucapnya lagi.

Jika hal tersebut berhubungan dengan produksi dan ingin menaikan hasil produksi, kita harus menghasilkan benih unggul dan juga potensinya harus mencapai 10 ton.  Untuk itu, Kementan pun, telah membuat kebijakan bagaimana mencapai kedaulatan pangan.

“Kami melihat seluruh kebijakan, infrastruktur, bagaimana realisasinya, ekspor dan impornya,” ujar Mentan Amran.

Baca Juga:  Ini Kata Mentan Soal Musim Kemarau Terkait Produksi Beras Lokal
loading...
loading...