Apa sih Keistimewaan Mie Unicorn?


Pertanianku – Baru-baru ini warna-warni unicorn yang cantik mulai merambah dunia kuliner. Pasti Anda belum pernah mendengar mie unicorn ‘kan?! Ide awal ini muncul oleh seorang food bloger bernama A.J. dari Indigo Kitchen. Inspirasi ini datang dari sebuah permainan makanan (unicorn food game).

Mie unicorn sendiri terbuat dari bahan dasar mie pada umumnya yang berwarna putih. Namun, untuk mendapatkan warna-warni unicorn, mie lantas dicelupkan ke beberapa bahan alami.

Untuk mendapatkan warna biru misalnya, mie akan dicelupkan pada pewarna yang terbuat dari kubis ungu. Sayuran tersebut akan direbus dalam panci terlebih dahulu untuk melepaskan warnanya.

Mie dibiarkan terendam dalam air berwarna selama 5—10 menit. Berapa banyak kubis ungu yang Anda gunakan dan waktu perendaman mie akan memengaruhi intensitas warna yang Anda inginkan. Untuk membuat warna merah muda dan ungu, Anda hanya perlu memeraskan lemon ke dalam campuran air kubis ungu yang sudah Anda rebus tadi.

Kuncinya adalah zat asam pada perasan lemon atau jeruk nipis bereaksi dengan pigmen warna kubis ungu. Tak hanya biru atau merah muda, mie dapat berwarna hijau, ungu sesuai dengan pemberian zat asam.

Seni dan sains seakan bekerja bersamaan dalam proses pembuatan mie unicorn. Saat Anda menambahkan asam ke mie ungu, pigmen dari kubis ungu, yang disebut antosianin akan bereaksi dengan mengubah warna.

Mengubah warna-warna ini adalah salah satu bagian terbaik untuk membuat mie unicorn. Saat memeras lemon, Anda akan melihat bagaimana warna-warna tadi berubah tepat di depan mata Anda.

Untuk penyajiannya sendiri, A.J. menyarankan untuk menambahkan falafel atau kimchi untuk menambah cita rasa. Selain itu, tambahkan topping sayuran atau saus agar warnanya semakin menarik.

Baca Juga:  Konsumsi Kimchi Bantu Turunkan Risiko Penyakit Kulit, Mitos atau Fakta?

Bagaimana, Anda tertarik mencoba membuat mie unicorn yang memiliki warna-warna yang cantik?!

loading...
loading...