Apa sih Manfaat Klorofil Si Zat Hijau pada Daun?


Pertanianku – Mengonsumsi sayuran hijau seolah menjadi suatu gaya hidup yang harus selalu dilakukan. Hal ini semata-mata untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh tidak kekurangan asupan nutrisi. Jika Anda rutin mengonsumsi sayuran hijau, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Foto: pixabay

Seperti yang kita tahu sayuran hijau mengandung serat yang cukup tinggi. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung klorofil atau zat hijau daun yang ternyata kaya akan manfaat sehat.

Lalu, apa manfaat klorofil untuk kesehatan tubuhmu? Sebagaimana dilansir boldsky, berikut penjelasan selengkapnya.

Mencegah kanker

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa klorofil mampu mencegah kanker dengan cara mengekang pertumbuhan sel kanker.

Mengontrol gula darah

Kandungan magnesium di dalam klorofil membantu mengendalikan kadar glukosa darah, khususnya pada mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 2.

Kaya anti-oksidan

Tingginya zat anti-oksidan di dalam klorofil akan melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif serta memperlambat proses penuaan di tubuh.

Menjaga kesehatan darah

Konsumsi klorofil juga dikatakan mampu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah.

Detoksifikasi tubuh secara alami

Klorofil sangat efektif untuk membersihkan racun, baik di usus, darah maupun lever Anda. Beragam logam berat dan limbah lainnya juga bisa hilang.

Menyeimbangkan kadar pH

Klorofil membantu untuk menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kesehatan tertentu.

Menyerap mineral

Konsumsi klorofil akan membantu penyerapan mineral dalam tubuh khususnya magnesium dan kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan fungsi tubuh lainnya.

Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus
loading...
loading...