Apa sih Manfaat Konsumsi Kurma Selama Berpuasa? Yuk, Intip Nutrisi Kurma!

Pertanianku – Menu buka puasa apakah yang paling Anda sukai? Pada saat Ramadan banyak orang menjual beraneka menu buka puasa yang dengan mudah kita temui di pinggir-pinggir jalan. Kolak, sup buah, dan gorengan biasanya menjadi menu favorit banyak orang ketika berbuka puasa. Namun, saat Ramadan ada satu makanan yang tak boleh dilewatkan untuk menu berbuka puasa, yaitu kurma.

Buah kurma merupakan makanan wajib ketika Ramadan. Hal ini karena mengonsumsi buah kurma dipercaya dapat mengembalikan energi setelah berpuasa. Selain itu, berbagai macam nutrisi di dalam kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Lantas, apa saja sih nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma?

Karbohidrat

Kurma terdiri atas 75 persen karbohidrat dan sebagian besar dari gula, pati dan serat yang menjadikannya makanan ringan penguat energi. Karbohidrat mencakup 3 gram serat makanan dan 29 gram gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang berperan sebagai sumber energi yang mudah dikonsumsi tubuh selama berbuka puasa.

Serat makanan

Serat makanan datang dalam bentuk serat larut dan tidak larut. Nah, kurma adalah sumber keduanya yang membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Sementara itu, serat yang tidak larut meningkatkan fungsi pencernaan di mana makanan bergerak melalui sistem pencernaan, serat larut dapat membantu mengendalikan diabetes dengan menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Serat larut juga telah ditemukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Vitamin B kompleks

Kurma mengandung berbagai vitamin B kompleks, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, dan asam pantotenat. Vitamin ini berperan penting dalam asupan harian karena membantu menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B kompleks memetabolisme karbohidrat dan menjaga kadar glukosa darah dan asam lemak serta membantu memproduksi hemoglobin.

Magnesium

Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan migrain, hipertensi, diabetes, asma, dan osteoporosis. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena kurma mengandung magnesium. Magnesium juga penting untuk perkembangan tulang yang sehat dan metabolisme energi. Menurut naturalsociety.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa indikator inflamasi dalam tubuh berkurang jika asupan magnesium meningkat. Hal ini juga mengurangi peradangan di dinding arteri.

Kalium

Salah satu mineral penting yang menjaga kontraksi otot, termasuk jantung adalah potasium. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga sistem saraf yang sehat dan untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh. Tidak ada sumber potasium alami yang lebih baik daripada kurma. Potasium harus terus-menerus diisi ulang karena tidak dipulihkan dalam tubuh dan sebagian besar hilang melalui keringat.

Konsumsinya juga menyebabkan ekskresi natrium yang membantu menurunkan tekanan darah. Seiring bertambahnya usia, ginjal menjadi kurang efisien dalam menghilangkan sodium. Sekira 400 mg peningkatan asupan kalium telah dikaitkan dengan 40 persen mengurangi risiko terkena stroke.

Besi

Kurma juga kaya zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah. Sel darah merah membantu semua nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh. Tidak hanya nutrisi, zat besi juga menentukan kapasitas pembawa oksigen dari darah, karena itu sendiri merupakan komponen di dalam sel darah merah, serta penting juga untuk mengobati penyakit anemia.

Garam basa

Garam basa pada kurma membantu mengatur keasaman darah. Hal tersebut akibat makan daging dan karbohidrat berlebihan yang pada akhirnya menyebabkan penyakit seperti diabetes, asam urat, batu ginjal, peradangan kandung empedu, tekanan darah tinggi, dan wasir. Yang terpenting, kurma bebas kolesterol sehingga menjadikannya makanan favorit ketika berbuka.

Polifenol

Menurut peneliti, kurma memiliki konsentrasi polifenol tertinggi di antara buah kering. Meskipun, efek kesehatan bergantung pada jumlah yang kita konsumsi, terbukti berperan dalam pencegahan penyakit degeneratif. Studi juga menunjukkan bahwa sebagian besar makanan ini kita harus didasarkan pada buah kering karena padat dalam anti-oksidan polifenol dan nutrisi, terutama serat.

loading...
loading...