Apa sih, Perbedaan Monyet dan Kera?


Pertanianku — Pernahkah Anda bertanya-tanya sebenarnya monyet dan kera itu sama atau tidak? Jika tidak, apa perbedaan monyet dan kera?

perbedaan monyet dan kera
Pixabay

Jika dilihat secara sepintas, monyet dan kera memang terlihat sama, bahkan mungkin Anda menganggap bahwa kera dan monyet itu sama. Monyet dan kera memang sama-sama hewan menyusui atau mamalia yang masuk dalam ordo primata.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwasanya monyet dan kera memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbedaan yang harus Anda ketahui agar tidak salah dalam menyebut keduanya.

Monyet

Monyet dalam ordo primata masuk dalam superfamili Cercopithecidae. Monyet memiliki ukuran ekor yang cukup panjang dan kaki yang berukuran lebih panjang dari lengannya.

Monyet senang berjalan dengan menggunakan kedua kaki dan lengannya alias merangkak. Selain itu, monyet jarang terlihat bergelantungan pada pepohonan meskipun monyet menyukai tempat tinggal di atas pepohonan.

Selain itu, monyet memiliki volume atau ukuran otak yang lebih kecil dibandingkan dengan kera. Contoh hewan yang termasuk monyet antara lain bekantan, monyet ekor panjang, lutung, beruk, surili, dan lainnya.

Kera

Kera dalam ordo primata masuk ke dalam superfamili Hominoidea. Tidak seperti monyet, kera tidak memiliki ekor. Kera juga memiliki lengan yang cukup panjang dan sering menggunakan lengan itu untuk bergelantungan pada pohon.

Kera memiliki volume otak yang lebih besar dibanding monyet dan kera juga mampu menggunakan alat bantu untuk mendapatkan makanannya. Kera hidup secara terestrial dan semiterestrial. Contoh hewan yang termasuk kera ialah gorila, orangutan, siamang, owa, dan lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, perbedaan monyet dan kera bisa disimpulkan sebagai berikut.

  • Dalam ordo primata, kera termasuk superfamili Hominoidea, sedangkan monyet masuk dalam superfamili Cercopithecidae.
  • Monyet memiliki ekor yang panjang, sedangkan kera tidak memiliki ekor.
  • Monyet memiliki lengan yang hampir sama bahkan lebih pendek dibandingkan kakinya. Sementara, kera memiliki lengan yang lebih panjang dibanding kakinya.
  • Lengan pada monyet jarang digunakan untuk bergelantungana pada cabang atau ranting pohon. Sementara, pada kera sering menggunakannya untuk bergelantungan pada pohon.
  • Monyet berjalan menggunakan lengan dan kakinya, sedangkan kera bisa berjalan dengan menggunakan 2 kaki.
  • Ukuran atau volume otak monyet lebih kecil dibanding kera.
  • Habitat monyet bersifat tinggal di pohon (arbotrial). Sementara, kera bersifat terestrial dan semiterestrial.
Baca Juga:  7 Fakta Tentang Makanan Beku yang Harus Anda Ketahui
loading...
loading...