Apa sih yang akan Dirasakan Jika Rajin Konsumsi Buah dan Sayur?


Pertanianku – Orang yang rajin mengonsumsi buah dan sayuran pasti memiliki daya tahan tubuh prima dan selalu fit. Bahkan, akan jarang terserang penyakit.

Itu sebabnya keduanya harus dikonsumsi setiap hari secara seimbang dan tak berlebihan. Namun, ternyata ada satu hal yang tak bisa dilakukan oleh buah dan sayur. Kira-kira apa ya?

Foto: pixabay

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayur tak bisa membantu menurunkan berat badan.

Jangan khawatir, masih ada banyak manfaat lain yang bisa diberikan buah dan sayur untuk tubuh.

Berikut beberapa hal yang bisa diberikan oleh buah dan sayur untuk Anda, sekaligus alasan mengapa Anda harus lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran seperti dilansir oleh Care2.

Menurunkan kolesterol

Buah-buahan yang mengandung serat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Serat dalam buah juga membantu pergerakan sistem pencernaan, membuat Anda cepat kenyang, dan melancarkan pencernaan. Konsumsi buah seperti pear atau sayuran bayam dan labu mampu mengurangi kolesterol.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah yang kaya vitamin C akan membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melindungi tubuh dari penyakit jantung dan penyakit mata. Selain jeruk, ada banyak buah lain yang bisa memberikan asupan vitamin C seperti jambu, kiwi, dan buah lainnya.

Menghalau alergi

Ketika mengonsumsi apel, pastikan Anda mengonsumsi dengan kulitnya. Pasalnya, kulit apel mengandung anti-oksidan yang memiliki antihistamine.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang makan lima apel seminggu sekaligus kulitnya, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dan lebih terlindungi dari alergi.

Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi buah seperti pisang yang kaya potasium bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah. Beberapa buah lain yang mengandung banyak potasium dan bisa membantu Anda mengontrol tekanan darah adalah kentang, jus wortel, bit, dan lainnya.

Baca Juga:  Mana yang Lebih Kaya Nutrisi, Semangka Merah atau Kuning?

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah dan sayuran juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik. Jika ingin menjaga kesehatan tulang dan gigi dengan makan sayur, coba konsumsi sayuran seperti bayam, kale, dan sayuran lobak. Sayuran tersebut mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Itulah beberapa manfaat menakjubkan yang akan Anda dapatkan apabila mengonsumsi buah dan sayur setiap hari secara rutin. Jadi perbanyaklah konsumsi kedua untuk menunjang kesehatan dan juga kecantikan ya!

loading...
loading...