Apakah Cara Mengonsumsi Sayur dan Buah Anda Sudah Benar?


Pertanianku – Mengonsumsi sayur dan buah menjadi suatu kewajiban untuk menunjang kesehatan tubuh. Hal ini karena kita membutuhkan serat yang cukup. Serat inilah bisa kita dapatkan ketika mengonsumsi sayur dan buah.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, cara pengolahannya pun juga tak boleh sembarangan agar kandungan gizinya tidak rusak. Cara paling sehat dalam mengonsumsi sayur yang segar adalah tanpa dimasak. Atau, cukup dicuci dengan bersih agar dapat membunuh kuman lalu dikonsumsi.

Tidak semua orang suka makan sayur mentah. Apalagi bagi ibu hamil yang memiliki tubuh lebih sensitif. Untuk itu, kita perlu kiat cerdas bagaimana memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang.

Mengolah sayur jika ingin ditumis sebaiknya sering dioseng-oseng, gunakan sedikit minyak saja agar tidak terlalu banyak minyak atau lemak.

Selain menumis, merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena hal ini berisiko menghilangkan nutrisi pada sayur dalam jumlah besar. Jika harus menggunakan cara ini, rebus sayur hanya saat setelah air mulai mendidih. Pastikan untuk memasaknya dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Sebenarnya, ada beberapa tips khusus untuk memasak dengan merebus. Tips khusus tersebut sebagai berikut.

Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen di dalamnya berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan vitamin C dan nutrisi lain dalam sayur menguap. Untuk itu, pastikan memasak sayur di air yang telah mendidih dan kandungan oksigennya berkurang.

Hindari merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C-nya 10—12 kali lipat.

Jangan merebus sayuran lama-lama, cukup hingga sayur sudah terlihat layu. Intinya, cucilah dengan bersih. Jangan sesekali menghangatkan sayuran ya. Ini juga tidak baik dan bisa membuat nutrisi pada sayur berkurang.

Baca Juga:  Ini Dia 6 Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Vegetarian

Sementara itu, untuk mengonsumsi buah, cukup memakannya langsung tanpa harus melewati proses agar manfaat buah bisa kita rasakan. Anda juga bisa memakan buah seperti apel, pir, dan anggur tanpa harus mengupas kulitnya. Namun ingat, sebelum konsumsi buah beserta kulitnya, pastikan untuk mencucinya hingga bersih. Jika memang tidak suka makan buah secara langsung, kita bisa membuatnya menjadi jus buah. Hanya, jangan tambahkan apa-apa lagi di dalamnya.

Bagaimana, kini Anda telah mengetahui cara makan sayur dan buah dengan benar bukan?! Agar tubuh tetap sehat, jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah setiap hari ya!

loading...
loading...