Apakah Daging Merah Aman untuk Kesehatan


Pertanianku — Asupan protein memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi sebagian orang masih ragu apakah mengonsumsi daging merah aman untuk kesehatan?

daging merah
Pixabay

Jangan khawatir, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan, mengonsumsi protein hewani bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

Menurut studi, individu yang mengonsumsi protein hewani lebih banyak daripada protein nabati memiliki tekanan darah lebih rendah. Selain itu, pembuluh arteri pun lebih sehat dibandingkan yang lebih sedikit mengonsumsi protein.

Peneliti melacak manfaat protein bahkan berimbas pada meningkatnya kesehatan jantung dikarenakan faktor asam amino. Tubuh manusia tak bisa menghasilkan asam amino dengan sendirinya. Oleh karenanya, tubuh memerlukan asupan makanan kaya protein seperti produk olahan susu, ikan, gandum murni, dan legume (sejenis kacang-kacangan).

Studi terdahulu menunjukkan bahwa mengonsumi lebih banyak asam amino dapat menurunkan tekanan darah. Namun dalam studi ini, para peneliti di University of East Anglia, Inggris ingin memastikan asam amino mana yang paling menguntungkan bagi kesehatan jantung, yang berasal dari hewani atau dari nabati.

Akhirnya para peneliti pun hanya fokus pada tujuh jenis asam amino, tiga di antaranya hanya ditemukan pada hewan. Mereka kemudian meneliti tekanan darah dan kekakuan arteri dari 1.900 wanita. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa individu yang mengonsumsi lebih banyak protein secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah.

Fakta yang paling mengejutkan, yaitu peneliti mendapati asam amino yang berasal dari protein hewani dikaitkan dengan rendahnya tingkat kekakuan arteri, faktor utama penyebab serangan jantrung dan stroke. Peningkatan kesehatan pembuluh arteri pada wanita yang mengonsumsi asam amino paling banyak setara dengan manfaat jika Anda berhenti merokok.

Peneliti menjelaskan, Anda bisa mendapat manfaat asam amino yang diperlukan untuk kesehatan pembuluh arteri dengan mengonsumsi 2,5 ons steak, 3,5 ons salmon, atau 0,47 liter susu setiap hari.

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 5 Tanda Utama Itik akan Bertelur

Meski demikian, sebaiknya Anda jangan lantas mengabaikan protein nabati. Sebab, wanita yang mengonsumsi protein dari semua sumber memiliki tekanan darah lebih rendah. Lagipula, protein nabati ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang juga diperlukan tubuh.

Dilansir dari laman Prevention, dapat ditarik kesimpulan bahwa meningkatkan asupan protein dan memastikan mendapat asam amino yang berasal dari protein hewani bisa jadi cara termudah untuk menjaga kesehatan jantung.