Apakah Tabulampot Jambu Air Madu Deli Bisa Dipindahkan ke Lahan?

Pertanianku — Tabulampot yang sudah berbuah di dalam pot bisa dipindahkan ke lahan, salah satu pohon yang bisa dipindahkan ke tanah adalah jambu air madu deli. Tanaman buah ini pada dasarnya memiliki tingkat produktivitas yang sangat tinggi sehingga mampu menghasilkan buah yang lebat.

jambu air madu deli
foto: pertanianku

Pemindahan tanaman buah dari dalam pot ke lahan tanah bisa disesuaikan dengan kebutuhan penanaman. Jika penanam menginginkan pohon buahnya bisa lebih lebat berbuah, pohon buah bisa dipindahkan ke tanah. Pasalnya, pohon yang dipindahkan ke tanah memang lebih mudah berbuah dengan lebat dibandingkan buah yang ada di pot karena bisa mendapatkan unsur hara yang lebih banyak. Hal ini juga termasuk pada pohon jambu air madu deli.

Namun, banyak kasus yang ditemukan ketika memindahkan tanaman buah yang sudah berbuah ke tanah, pohonnya malah tidak berbuah sama sekali.

Loading...

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pohon jambu air madu deli yang dipindahkan dari pot ke tanah tidak kunjung berbuah. Biasanya, tanaman yang baru saja dipindahkan dari pot ke tanah memang berhenti berbuah sesaat. Hal ini karena sistem perakaran bisa tumbuh lebih leluasa di tanah.

Keleluasaan pertumbuhan akar tersebut menyebabkan pertumbuhan tunas menjadi lebat juga. Hal tersebut otomatis membuat pembuahan menjadi terhenti sebentar. Oleh karena itu, wajar jika pohon Anda sempat berhenti memproduksi buah dalam kurun waktu yang singkat.

Ibaratnya, pohon buah Anda sedang mengalami adaptasi dengan lingkungan barunya. Dengan begitu, pertumbuhan akar yang awalnya terkungkung oleh pot bisa langsung leluasa tumbuh ke segala arah.

Namun, jika pohon sudah berhenti berbuah selama bertahun-tahun pascapemindahan pohon ke lahan, Anda harus memeriksa kondisi pohon. Sebab, bisa jadi ada kesalahan yang terjadi pada pohon buah Anda.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Durian yang Berkualitas

Pohon yang tidak kunjung berbuah dalam jangka waktu lama bisa dibantu dengan pemberian hormon perangsang buah seperti ZPT (zat perangsang tumbuh) Paklobutrazol. Penggunaan hormon perangsang bunga dan pembuahan ini harus digunakan dengan dosis yang sesuai anjuran. Cara serta waktu pemberian hormon juga harus diperhatikan, jangan sampai membuat hormon tidak bekerja dengan baik karena salah cara pemberian.

Untuk bertanam jambu air madu deli, Anda bisa langsung mendapatkan bibit jambu air madu deli di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Pada September ini ada promo menarik untuk pembelian bibit jambu air madu deli di Toko Trubus. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Loading...
Loading...