Apasaja Perlengkapan Kandang Kambing?


Pertanianku – Perlengkapan kandang sangat dianjurkan tersedia agar dalam pengelolaan yang berkaitan dengan tata laksana dapat dicapai secara efisien. Perlengkapan yang paling pokok sebagai berikut.

Tips Memilih Lokasi dan Model Kandang Kambing

  1. Tempat pakan dan minum

Tempat pakan bisa berupa baskom atau kotak kayu yang dibuat memanjang di sepanjang kandang. Tempat minum juga dibuat demikian. Keduanya dibuat seperti itu agar pakan dan minum yang diletakkan tidak tercecer.

  1. Gudang pakan

Merupakan tempat untuk menyimpan sementara pakan yang belum siap disajikan ke ternak. Hijauan pakan yang disimpan dalam gudang sebaiknya tidak dalam ikatan agar tidak mengalami fermentasi yang menimbulkan panas dan mengurangi kualitas hijauan pakan ternak. Hijauan pakan yang dilayukan lebih baik untuk ternak kambing dibandingkan dengan yang baru dan masih lembap. Adapunpenyimpanan pakan penguat hendaknya pada tempat yang terhindardari proses pembusukan dan serangan hama.

  1. Tempat umbaran

Merupakan kelengkapan dari sistem perkandangan kambing yangbaik. Kambing dimasukkan ke tempat umbaran saat kandang sedang dibersihkan. Tempat ini juga berfungsi sebagai lokasi refreshing (penyegaran) dan olahraga bagi ternak. Ternak kambing yang tidak digembalakan perlu bermain di tempat umbaran secara teratur agar kesehatannya terjaga. Salah satu contoh yang sering terjadi di tingkat petani karena kurang olahraga/gerak adalah kesulitan melahirkan.

  1. Tempat kotoran/kompos

Sisa pakan dan kotoran akan menumpuk jadi satu pada kandangtipe lemprak. Adapun kotoran pada kandang tipe panggung akantertumpuk pada kolong lantai kandang. Agar kotoran dapat jatuh ke bawah, lantai kandang tipe panggung harus diatur tidak terlalu rapat, cukup bersela kurang lebih 1,5—2 cm. Kotoran tersebut akan sangatmengganggu kesehatan ternak jika dibiarkan tanpa penanganan. Olehkarena itu, perlu disiapkan perlengkapan berupa tempat kotoran/ kompos.

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

 

Sumber: Buku Bisnis Pembibitan Kambing

 

loading...
loading...