Aplikasi Online Bagi Para Petani


Pertanianku – Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini telah meluncurkan aplikasi toko online untuk para petani. Toko online tersebut diberi nama limakilo.id.

Aplikasi Online Bagi Para Petani

Menuntut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dengan aplikasi ini, masyarakat diharapkan nantinya bisa membeli hardisk pertanian secara langsung kepada petani tanpa pedagang perantara. Dengan begitu, rantai pasokan makanan pun dapat dipangkas.

“Kalau kita mau beli sayur yang fresh. Itu langsung dari petani. Misalnya dari Jawa Barat ke Jakarta, dalam waktu dua hari sudah sampai sejak dipetik. Jadi dapat memangkas mata rantai,” tutur Rudiantara.

Saat ini, adalah upaya pemerintah dalam melakukan sosialisasi kepada para petani. Sosialisi ini akan menggunakan tenaga relawan teknologi informasi. Saat ini setidaknya ada empat aplikasi yang dapat dinikmati oleh petani. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh para petani dengan memanfaatkan teknologi berbasis android dan ios. Berikut adalah empat aplikasi yang digunakan oleh para petani sebagaimana dilansir Okezone (25/4).

  1. Aplikasi petani

Fitur: lapor panen dan lapor pupuk.

Jumlah pengguna saat ini: >115.000 orang

  1. Aplikasi tanihub

Fitur: E-commerce produk pertanian, peternakan, perikanan, dan pembayaran.

Jumlah pengguna saat Ini: >1000 id

  1. Aplikasi lima kilo

Fitur: sistem digital pengaturan pola tanam.

  1. Aplikasi pantau harga

Fitur: pemantauan harga, pemesanan komoditas, penjualan komoditas, dan akses langsung ke konsumen.

Baca Juga:  Inovasi Pie Labu Bening Viral di Dunia Maya
loading...
loading...