Artemia, Pakan Ikan Alami Favorit Kaya Nutrisi

Pertanianku — Saat ini artemia sudah terkenal sebagai salah satu pakan ikan alami yang banyak digunakan untuk pembenihan udang dan ikan. Pakan alami yang termasuk crustasea ini juga sering dijadikan pakan ikan hias. Crustasea ini juga kerap disebut sebagai brine shrimp di kalangan pembenih udang.

 artemia
foto: pertanianku

Artemia terkenal mampu memacu pertumbuhan benih, mudah dicerna, dan mengandung nutrisi yang tinggi. Kandungan protein di dalam artemia mencapai 40—60 persen dari berat totalnya. Tak hanya itu, pakan ini juga mengandung banyak asam lemak esensial.

Hingga saat ini masih belum ada pakan lain yang mampu menggantikan posisi artemia sebagai pakan alami yang kaya nutrisi. Pakan ini menjadi andalan pembenih udang karena benih udang tidak mampu menerima pakan buatan.

Artemia biasanya diberikan dalam bentuk larva. Kebanyakan larva crustasea ini diberikan sebagai pakan pada tahap nauplii yang ditetaskan dari kista (telur) artemia. Sementara itu, biomassa crustasea ini sering dimanfaatkan sebagai pakan ikan, ikan hias, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pangan.

Umumnya, pakan alami larva udang ini merupakan jenis udang-udangan kecil tingkat rendah yang digolongkan sebagai zooplankton. Jenis yang paling sering dimanfaatkan sebagai pakan alami adalah Artemia salina. Pemanfaatan udang-udangan kecil sebagai pakan baru dimulai pada 1930-an.

Di Indonesia, budidaya krustase sudah dilakukan oleh Loka Penelitian Budidaya Perikanan Pantai Gondol, Bali pada 1991—1993 dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pada 1993.

Usaha budidaya pakan alami ini di Indonesia terbilang strategis. Pasalnya, kebutuhan kista artemia setiap tahunnya relatif tinggi. Permintaannya berasal dari pembenihan ikan, udang air laut, dan air tawar. Sementara itu, permintaan larva crustasea ini juga tinggi untuk memenuhi kebutuhan pakan larva udang. Untuk pakan larva udang saja, kebutuhan pakan alami ini mencapai 400 ton per tahun.

Baca Juga:  Lokasi Budidaya Ikan yang Menguntungkan Secara Sosial Ekonomi

Oleh karena itu, budidaya artemia prospektif untuk terus dikembangkan. Buku Artemia untuk Pakan Ikan dan Udang dapat menjadi salah satu referensi Anda untuk mengembangkan bisnis artemia. Buku ini mengulas cara budidaya hingga analisis usaha artemia. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau mengunjungi Shopee Penebar Swadaya.