Arwana Brazil Silver, si Ikan Naga Perak

PertaniankuArwana Brazil silver atau Osteoglossum bicirrhosussum lebih dikenal dengan nama arwana silver atau ikan naga perak. Julukan tersebut diberikan pada ikan ini karena ukuran badannya yang besar dengan sisik berwarna perak, seperti naga. Ikan ini tersebar di Guyana dan sekitar Amazon, Amerika Selatan.

arwana brazil silver
foto: pertanianku

Secara ilmiah, ikan arwana silver bisa tumbuh hingga mencapai 90 cm. Untuk ikan yang dipelihara di akuarium, dapat tumbuh hingga sepanjang 60 cm. Namun, jika dipelihara di kolam yang luas, arwana silver dapat mencapai ukuran lebih besar lagi.

Selain memanjang, ikan ini memiliki keunikan lain berupa potongan tubuh yang melintang dan terlihat sangat pipih ke samping. Ukuran tubuh bagian depan arwana silver lebar dan seimbang dengan bentuk badannya yang semakin meruncing ke arah belakang.

Sirip pada bagian punggung dan anus ikan sangat panjang hingga setengah panjang badannya. Kedua sirip tersebut meruncing sehingga sekilas terlihat menyatu dengan sirip ekor. Ikan arwana silver memiliki dua sungut memanjang dan menghadap ke depan.

Ikan yang baru menetas akan berwarna kehitaman, sedangkan sirip ekor, punggung, dan anus berwarna kecokelatan. Pada bagian mata burayak arwana silver memiliki garis yang melintang vertikal dan di bagian insangnya terdapat bintik-bintik.

Seiring pertambahan umur, arwana ini akan mengalami perubahan warna tubuh dari kehitaman menjadi perak dan warna kehijauan yang cukup samar. Garis yang melintang di bagian mata dan bintik di bagian insang pun akan semakin tampak.

Arwana ini menyukai air kolam bersuhu 24—25°C dengan tingkat keasaman kolam agak asam hingga sedang. Air kolam yang mengalami perubahan drastis dapat menyebabkan ikan menjadi stres.

Arwana silver lebih cocok ditempatkan di akuarium khusus. Hal ini karena arwana silver memiliki sifat kanibal yang cukup kental sehingga bisa menyerang ikan lain di kolam yang sama.

Baca Juga:  Pestisida Organik untuk Mengatasi Hama Semut

Namun, ketika arwana ini masih kecil, ikan tersebut bisa berenang bersama dengan jenis ikan-ikan lain. Arwana silver baru memakan ikan-ikan lainnya setelah dewasa, saat ukuran tubuhnya sudah besar. Untuk mendapatkan ukuran tubuh yang besar, ikan tersebut membutuhkan waktu sekitar dua setengah tahun.

Ikan arwana silver jantan dan betina bisa dibedakan dari ukuran sirip yang berada di bagian dadanya. Sirip dada jantan lebih panjang daripada arwana betina.

 

 


loading...