Asal Mula Ikan Nila di Indonesia


Pertanianku – Awalnya, ikan nila di Indonesia adalah jenis mosambica yang sudah berkembang dengan pesat. Namun, karena ukurannya yang relatif kecil, lambat laun ikan ini tergantikan dengan jenis nila tilapia, baik yang berwarna hitam maupun merah. Beberapa perusahaan juga sudah mencoba untuk memelihara ikan nila biru sebagai bahan untuk menghasilkan ikan nila jantan tanpa hormon.

Asal Mula Nila di Indonesia

Khusus untuk ikan nila hitam mulai didatangkan pada tahun 1969 dan tersebar di Danau Tempe, SulawesiSelatan. Kemudian, beberapa lembaga risetmendatangkan ikan tilapia hasil pemuliaan, seperti GIFT3 (1993) dan GIFT6, Chitralada (1996), serta GET (2003). Namun, sayangnya hanya sedikit pihak yang mengetahui bahwa yang didatangkan ke Indonesia umumnya adalah hasil hibridisasi sehingga tidak memenuhi syarat untuk dijadikan induk.

Sementara itu, ikan nila merah didatangkan melalui jalur Taiwan dan Singapura sekitar tahun 1990-an. Salah satu sumbernya adalah Stirling University di Inggris yang menjadi induk di Aquafarm. Melalui uji secara genetika, ikan nila merah adalah hasil hibrid antara ikan nila putih (jantan)dan ikan nila hitam (betina).

Baca Juga:  Ada Temuan Baru! Domba Mampu mengenali Wajah Selebriti
loading...
loading...