Asal-usul Pamelo Merah

Pertanianku — Pamelo termasuk jenis jeruk besar. Di Indonesia buah ini lebih dikenal dengan nama jeruk bali. Namun, sebetulnya buah ini bukan merupakan jenis jeruk bali karena tidak semua pamelo terkait dengan daerah Bali. Kata pamelo sendiri berasal dari bahasa Inggris dan telah disarankan untuk digunakan sebagai nama umum dari komoditas jeruk besar. Salah satu jenis pamelo yang telah terkenal keunggulannya adalah pamelo merah.

pamelo merah
foto: pertanianku

Pamelo merah berasal dari Vietnam. Seorang penangkar tanaman pamelo asal Thailand pergi ke Vietnam pada 2007. Ia pergi setelah mengetahui adanya informasi mengenai jeruk besar berwarna merah. Setelah mencicipi buah ini, sang penangkar yakin pamelo merah dapat dibudidayakan.

Selama ini jeruk besar sering terkenal kurang baik karena rasanya sering kali mengecewakan. Tak jarang, rasa jeruk besar ini getir atau pahit. Oleh karena itu, buah jeruk besar ini tidak begitu terkenal seperti jenis jeruk lainnya.

Meskipun demikian, ada juga jenis pamelo yang manis tanpa ada rasa getir di dalam mulut. Salah satunya adalah pamelo berwarna merah ini.

Setelah mencicipinya, sang penangkar membawa entres tanaman ini ke Thailand dan menyambungkan pamelo merah sebagai batang atas dengan pamelo lokal Thailand sebagai batang bawah.

Hingga saat ini buah tersebut telah dibudidayakan secara intensif di Thailand. Sementara itu, di negara asalnya, pamelo merah belum dibudidayakan secara intensif.

Keunikan pamelo yang satu ini sudah jelas terletak pada warnanya yang menarik dan cita rasanya. Pada awal kemunculannya, bibit untuk jenis pamelo ini masih mahal.

Selain memiliki penampilan buah yang eksotik dan cita rasa yang unggul, pamelo merah juga termasuk tanaman yang cepat berbuah (genjah). Tanaman sudah bisa berbuah di umur yang relatif lebih muda, yakni 2—3 tahun. Tanaman jenis pamelo ini terbilang produktif. Tanaman yang sudah berumur 4 tahun dapat menghasilkan 4 buah per pohon.

Baca Juga:  Kiat Menangani Jamur Segar agar Tidak Mudah Rusak

Pamelo merah berpotensial mendongkrak derajat pamelo yang selama ini terbenam. Cita rasa buah ini sama sekali tidak ada pahit. Sebenarnya, rasa pahit tersebut disebabkan oleh jenis tanamannya bukan jenis pamelo unggulan dan waktu panen yang tidak memerhatikan tingkat kematangan buah.

Untuk bertanam pamelo merah, Anda bisa mendapatkan bibit pamelo merah atau red pamelo di Toko Trubus. Selain menyediakan bibit tanaman buah berkualitas, Toko Trubus melayani konsultasi dan kebutuhan berkebun. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.