Asal-Usul Tanaman Vanili


Pertanianku – Vanili banyak digunakan pada industri mkanan yang digunakan sebagai penyedap rasa. Vanili memiliki aroma sedap dan harum. Harga komoditas pertanian ini cukup mahal, sehingga vanili disebut juga emas hijau. Dapat dimaklumi jika harganya mahal karena masih sangat jarang petani yang membudidayaknnya dan proses pasca panennya pun lebih rumit dibandingkan dengan tanaman yang lain. Vanili biasanya diperjual belikan dalam bentuk bubuk vanili/vanila, yang dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Asal-Usul Tanaman Vanili

Genus Vanilli memiliki penyebaran yang sangat luas, tanaman ini banyak terdapat dihampir seluruh dunia, baik itu di wilayah tropis dan sub tropis, mulai dari wilayah tropis Amerika hingga tropis Asia, Papua New Guinea dan Afrika Barat.

Dalam sejarahnya perkembangannya tanaman vanili pertama kali ditemukan oleh bangsa Aztec, di hutan Mexico sekitar 1530 silam. Penduduk asli Meksiko memang telah lama mengenal buah vanili kering untuk dijadikan penyegar minuman coklat. Tetapi, vanili baru masuk ke Eropa pada 1721. Vanili akhirnya menyebar ke berbagai negara hingga saat ini.

Tanaman vanili masuk Indonesia dibawa bangsa Belanda pada 1819. Tujuan awalnya tanaman ini di tanam di Kebun Raya Bogor untuk memperkaya koleksi taman Botani yang digagas Prof. Dr. Reinwadt. Baru sekitar tahun 1864 vanili terdapat di daerah Temanggung, Jawa Tengah. Selanjutnya tanaman tersebut menyebar ke beberapa wilayah seperti Bali, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Sulsel, Sulteng, NTB, NTT dan Papua. Pada 1960 sampai 1970, pulau Jawa mejadi daerah terpesat dalam proses prkembangan tanaman vanili. Hal ini memunculkan banyak sentra tanaman vanili yang memungkinkan vanili diekspor. Sehingga wajar jika vanili Indonesia lebih dikenal dengan nama “Java Vanilla Beans“.

Baca Juga:  Langkah Mudah dan Cermat Budidaya Tanaman Kopi

Beberapa jenis yang terkenal dari genus Vanilli  seperti vanilla planifoliavanilla pompona dan vanilla garneri. Jenis vanilla planifolia paling banyak ditemukan di Indonesia. Jenis vanilla planifolia ini juga dikenal dengan nama komersial yaitu Madagascar Bourbon Vanilla.

loading...
loading...