Asia Organic Youth Forum 2021, Cetak Petani Organik Milenial di Asia

Pertanianku — Tahun ini di tengah kondisi pandemi, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah untuk acara 6th IFOAM Asia Organic Youth Forum 2021. Acara pelatihan berskala internasional ini diselenggarakan oleh Aliansi Organis Indonesia (AOI) sebagai penyelenggara lokal pada 22–24 November 2021 di Wisma Hijau, Depok, Jawa Barat.

Organic youth forum
foto: Pertanianku

Pelatihan pertanian organik ini digelar secara hybrid dan diikuti oleh 40 peserta dari 14 negara, yakni Jepang, Korea Selatan, Kamboja, Taiwan, Vietnam, Cina, Bangladesh, Filipina, India, Iran, Sri Lanka, Nepal, Israel, dan Indonesia. Peserta mancanegara mengikuti acara secara virtual melalui aplikasi Zoom, sedangkan peserta lokal mengikutinya secara langsung di Wisma Hijau.

“Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. Keanekaragaman ini menjadi keunikan dari OYF (Organic Youth Forum) yang memberikan peserta pengalaman lintas budaya atau kultural,” terang Presiden AOI, Emilia Setyowati.

foto: AOI

Asia Organic Youth Forum pertama kali dilaksanakan pada 27–28 Oktober 2016 di Changzhou, Cina. Platform pelatihan ini didirikan untuk membangun generasi petani muda dalam pertanian organik.

“OYF adalah forum sekaligus tempat praktik pertanian organik terbaik di Asia bagi generasi muda sehingga mampu beradaptasi dan berinovasi dengan pertanian organik,” jelas Executive Director of IFOAM Asia, Jennifer Chang.

Asia Organic Youth Forum bertujuan mendorong gerakan pertanian organik oleh petani muda yang dapat meningkatkan kualitas hdiup. Dengan begitu, gerakan tersebut diharapkan bisa mengubah pola pikir masyarakat tentang profesi petani.

Selain itu, platform ini diharapakan dapat meningkatkan kesadaran, fokus, dan jiwa kepemimpinan gerenasi muda dalam membangun pertanian organik, baik di Indonesia maupun Asia.

Baca Juga:  Cara Budidaya Bawang Prei

Dalam acara tersebut, peserta mendapatkan materi mengenai pertanian organik dari para pakar yang berasal dari berbagai negara di Asia. Materi tersebut meliputi sejarah, dasar pertanian organik, penjamin, dan pemasaran produk organik. Pada acara ini peserta juga bertemu dengan para pionir dalam pertanian organik di Asia.

Tak hanya mendapatkan materi, di hari ketiga peserta mengunjungi BSP Farm di Cijeruk (Bogor) dan Seniman Pangan Javara (Bekasi). Peserta diajak mengenal secara langsung sistem pertanian organik dan agrotourism BSP Farm. Sementara itu, di Seniman Pangan Javara, peserta belajar mengolah produk pertanian organik menjadi produk yang bernilai ekonomi.

foto: AOI

The 6th IFOAM Asia merupakan bagian dari 4th Organic Asia Congress yang bertajuk “Asia Go Organic for Healthier Planet”. Acara bergengsi ini diselenggarakan oleh IFOAM Asia yang bekerja sama dengan AOI dan didukung oleh oleh konsorsium Yayasan Bina Swadaya, Yayasan KEHATI, Arla Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian. Organic Asia Congress juga digelar di Indonesia secara virtual pada 22–27 November 2021.