Asiknya Bertanam Sayuran, Mulai Dari Hobi Sampai Komersial!


Pertanianku – Selain ditanam di lahan, sayuran juga bisa ditanam dalam pot. Penanaman sayuran dalam pot tidak memerlukan lahan yang luas, misalnya di pekarangan rumah. Untuk penanaman sayuran dalam pot, sebaiknya dilakukan secara organik. Hal ini karena tidak merusak lingkungan hidup, tidak merusak kesehatan, meningkatkan kelestarian keanekaragaman hayati, perawatannya mudah, dan dapat menjaga keseimbangan ekosistem. Selain itu, sayur yang ditanam secara organik memiliki rasa lebih enak dan manis dibandingkan sayur yang ditanam secara anorganik.

3 Alasan Bertanam Secara Hidroponik

Harga jual sayur organik umumnya jauh lebih tinggi dibandingkan sayur anorganik. Secara luas, bertanam organik juga dapat membantu mencegah pemanasan global karena dalam proses budi dayanya tidak menggunakan pestisida kimia yang dapat melepaskan gas berbahaya.

Bertanam sayuran di pot, selain hasilnya bisa dikonsumsi untuk kebutuhan keluarga, produknya pun bisa jual dalam bentuk segar maupun bersama dengan potnya sebagai tanaman hias. Peluang pasar produk sayuran sangat tinggi karena setiap orang membutuhkan sayuran untuk kebutuhan sehari-hari. Pemeliharaan bertanam sayuran di pot pun lebih mudah karena pantauannya lebih sempit dibandingkan bertanam di lahan. Sifat organik sayuran (kandungan unsur hara yang dihasilkan benar-benar organik) dan kualitas yang dihasilkan dapat lebih terjaga. Dengan demikian, daya saing dan nilai jualnya pun akan bertambah.

 

Sumber: Buku 15 Sayuran Organik dalam Pot

 

Baca Juga:  Terungkap Alasan Tidak Adanya Brokoli dalam Kemasan Kaleng
loading...
loading...