Asites, Penyakit Busung Air pada Ayam

Pertanianku— Gangguan yang terjadi pada ayam tidak selalu datang karena serangan parasit atau hama yang dapat menyebabkan penyakit. Gangguan juga bisa datang karena kondisi lingkungan di sekitar kandang kurang baik. Asites menjadi penyakit yang diakibatkan oleh faktor lingkungan di dalam kandang yang kurang baik.

asites
foto: Pertanianku

Asites merupakan busung air yang terjadi akibat adanya penimbunan cairan serosa yang berlebihan di dalam rongga perut. Penyakit ini berbahaya karena mampu mengakibatkan kematian pada ayam dalam kurun waktu beberapa hari setelah gejala muncul.

Penyakit asites bisa disebabkan oleh kondisi ventilasi di dalam kandang kurang memadai sehingga kadar CO2, ammonia, debu, tingkat kelembapan udara tidak stabil, dan kadar oksigen menurun.

Selain itu, penyakit ini juga bisa karena pemberian ransum berenergi tinggi sehingga pertumbuhan ayam berlangsung cepat, tetapi tidak diikuti dengan pertumbuhan jantung dan paru-paru.

Penyebab lain yang dapat memicu penyakit ini adalah suhu dingin, kadar garam yang berlebih di dalam ransum, serta kekurangan vitamin, fosfor, dan selenium.

Ayam yang sudah terkena asites akan menunjukkan gejala-gejala seperti perut ayam membesar dan terlihat seperti duduk, gaya berjalan ayam mirip seperti itik, terlihat sesak napas, bulu-bulu kusut, tampak tidak bersemangat, selaput lendir dan kulit berwarna kebiruan, ayam kejang-kejang, dan ketika dibedah akan terlihat jantung dan ginjal membesar.

Karena salah satu penyebab asites adalah kondisi kandang yang buruk, artinya penyakit ini pasti bisa dicegah dengan menciptakan kondisi kandang yang baik. Penyakit busung air ini bisa dicegah dengan membuat ventilasi di dalam kandang memadai, formula ransum yang digunakan sesuai dengan kebutuhan ayam, serta menjaga suhu di dalam kandang agar tetap hangat.

Baca Juga:  Tingkatkan Bobot Kambing dengan Pakan Kaya Protein

Ketika suhu kandang kurang dari 16°C, sebaiknya tambahkan alat pemanas di dalam kandang untuk menaikkan suhu kandang.

Saat kondisi kandang baik, kemungkinan ayam terkena penyakit akan lebih kecil. Sementara itu, ketika kondisi kandang buruk, kemungkinan besar bukan hanya asites yang dapat menyerang ayam, melainkan beberapa penyakit lain, bahkan penyakit yang disebabkan oleh parasit.