Asli Indonesia, Sudahkah Anda Mengenal 4 Jenis Ikan Ini?

Pertanianku — Perairan Indonesia menyimpan banyak kekayaan hayati. Termasuk, di dalamnya adalah berbagai macam ikan konsumsi endemik yang mendiami sungai atau danau di suatu wilayah. Bahkan, ada yang menjadi ikon suatu kota. Ikan-ikan ini memang asli Indonesia, sudahkah Anda mengenalnya? Berikut ini 4 jenis ikan asli Indonesia.

Ikan nike

Foto: instagram cholisah_id

Jenis ikan ini populer di Kota Luwuk, Sulawesi Tengah. Ikan ini hidup di perairan air tawar, tepatnya di Danau Tondano. Bentuk ikan nike kecil dan hampir mirip dengan ikan teri. Oleh karena itu, olahan ikan nike pun biasanya berupa perkedel atau digoreng hingga kering.


Loading...

Ikan nike masuk kategori ikan musiman. Ada masa-masa tertentu ikan ini mudah ditemui dan terkadang sulit ditemui. Ikan nike punya kebiasaan berenang melawan arus air ke arah hulu sungai.

Ikan bilih

jenis ikan asli Indonesia
Foto: instagram pesonasumpu

Ikan khas Indonesia berikutnya berasal dari daerah suku Minang, di Sumatera Barat. Tepatnya, ikan bilih yang dapat ditemui di Danau Singkarak.

Dilihat dari bentuknya, ikan bilih memiliki bentuk kecil dengan sisik berwarna perak dan mengilat. Jika diperhatikan lebih lanjut, ikan bilih akan mirip dengan ikan mas. Ikan bilih dikenal juga dengan sebutan ikan bilis atau ikan bako. Olahan dari ikan air tawar yang satu ini biasa dibuat menjadi balado atau digoreng kering.

Ikan salais

jenis ikan asli Indonesia
Foto: instagram difatlia

Jenis ikan yang satu ini biasa dikenal di daerah Pekanbaru, Provinsi Riau. Ikan salais menjadi ikon kebanggaan provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini. Tugu Ikan Salais bisa Anda jumpai bila berkunjung ke Pekanbaru dan melewati depan kantor walikota. Tugu tersebut terletak di Jalan Jenderal Sudirman.

Ikan salais berbentuk memanjang dengan bentuk kepala yang menyerupai kerucut. Ada dua buah kumis panjang di dekat mulut ikan salais. Olahan ikan salais yang umum dijumpai adalah pindang dan gulai. Biasanya, sebelum diolah, ikan salais akan diasap terlebih dahulu.

Baca Juga:  Pahami Hal-hal Penting Ini Sebelum Memulai Budidaya Gurami

Ikan pora-pora

jenis ikan asli Indonesia
Foto: instagram 3friliana

Menuju utara Indonesia, Anda bisa menjumpai ikan khas yang satu ini di Danau Toba, Sumatera Utara. Ikan pora-pora merupakan ikan mungil bersisik dengan warna hijau kehitaman. Ada semburat warna kuning di bagian ekor ikan pora-pora.

Olahan ikan yang satu ini bisa digoreng hingga kering. Biasanya, ikan pora-pora segar ataupun yang sudah dikeringkan dijual di dekat Danau Toba sebagai ikan konsumsi.

 

Loading...
Loading...