Aspek Ekonomi Budi Daya Cacing Sutera


Pertanianku – Aspek ekonomi berkaitan dengan faktor-faktor pendukung kemudahan produksi dan pemasaran. Jika faktor produksi dan pemasaran sulit dipenuhi, biaya yang dikeluarkan pun akan semakin besar dan otomatis menekan keuntungan. Berikut disajikan aspek ekonomi budi daya cacing sutera secara umum.

Aspek Ekonomi Budi Daya Cacing Sutera

  1. Dekat dengan sumber air. Jika sumber air cukup jauh, akan menekan biaya untuk pengadaan pompa dan instalasinya.
  2. Dekat dengan penyediaan sarana penunjang, yaitu sarana komunikasi, jaringan listrik, dan sarana prasarana transportasi. Lokasi budi daya sebaiknya dekat dengan jalan yang bisa dilalui angkutan sehingga memudahkan pemasaran.
  3. Dekat dengan daerah pemasaran. Kedekatan jarak pemasaran dapat menekan biaya transportasi dan penurunan kualitas cacing sutera.
  4. Tidak dekat dengan pemukiman dan industri. Lokasi sebaiknya jauh dari lingkungan pabrik, terutama jauh dari saluran pembuangan limbah kimia pabrik. Lokasi yang dekat dengan daerah pembuangan limbah harus dihindari karena kualitas airnya cenderung tercemar oleh limbah buangan pabrik yang berbahaya. Hal ini tentu saja bisa menjadikan kualitas air untuk budi daya cacing sutera kurang baik dan menghambat pertumbuhannya. Jika limbah yang dihasilkan bermanfaat untuk media dan sumber bahan makanan cacing sutera, lokasi tersebut masih bisa dijadikan sebagai lokasi usaha. Misalnya dekat dengan pabrik tahu atau peternakan ayam. Namun, bahan limbah yang demikian juga tidak bisa langsung digunakan, tetapi harus diolah terlebih dahulu.
  5. Mudah mendapatkan tenaga kerja. Kemudahan mendapatkan tenagakerja dari warga sekitar dapat menekan biaya, memberikan pendapatan bagi masyarakat sekitar, serta keamanan lebih terjamin.

 

 

Sumber: Buku Cacing Sutera

 

Baca Juga:  Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub