Aspek Sosial Budi Daya Cacing Sutera


Pertanianku – Untuk terjun dalam bisnis cacing sutera, aspek sosial menjadi penting terkait dengan pemilihan lokasi. Ditinjau dari aspek sosial, lokasi yang dipilih untuk budidaya cacing sutera harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

Aspek Sosial Budi Daya Cacing Sutera

  1. Lingkungan hidup dan kelestarian alam dapat dijaga. Artinya, lahan yang digunakan tidak merusak lingkungan yang ada sehingga ke depannya dapat terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitarnya. Usahakan untuk memilih daerah yang jauh dari pemukiman yang padat penduduk. Budi daya cacing sutera mungkin bisa menimbulkan gangguan yang tidak baik terhadap kenyamanan lingkungan sekitar seperti bau yang mungkin ditimbulkan dari proses pemeliharaannya.
  2. Sumber daya alam sekitar dapat digunakan. Artinya, penyediaan sarana dan prasarana tidak perlu mencari ke daerah lain yang jauh.
  3. Penduduk sekitar dapat dijadikan sebagai tenaga kerja. Artinya, orang yang bekerja pada usaha yang akan dibangun berasal dari lingkungan sekitar sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  4. Ada dampak positif bagi masyarakat sekitar. Artinya, lokasi usaha yang akan dibangun dapat dijadikan contoh bagi masyarakat dan dapat dibangun kerja sama dengan penduduk sekitarnya, misalnya sistem kemitraan. Adanya usaha budi daya cacing sutera diharapkan dapat mempermudah masyarakat pembudidaya yang ada di sekitar untuk mendapatkannya. Dengan demikian, bisa terjadi simbiosis mutualisme. Di satu sisi, pembudidaya cacing sutera lebih mudah memasarkan produknya dan masyarakat sebagai pembudidaya ikan semakin mudah untuk mendapatkan cacing sutera.
  5. Keamanan lokasi lebih terjamin.

 

Sumber: Buku Cacing Sutera

 

Baca Juga:  Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub