Atasi Encok yang Kambuh dengan Ramuan Ini

    Pertanianku Encok disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang terjadi di dalam jaringan ikat. Penumpukan kristal asam urat ini menimbulkan peradangan yang dapat memicu rasa panas, nyeri dan kaku di sendi, pembengkakan, serta kemerahan. Jika encok sedang kambuh, cobalah ramuan ini yang memiliki khasiat untuk meredakan encok Anda.

    encok
    foto: pixabay

    Bawang merah

    Bahan-bahan:

    Loading...
    • Bawang merah 5 butir
    • Jahe 2 jari
    • Tepung terigu 1 gelas
    • Air masak secukupnya

    Cara membuat:

    1. Cuci bersih bawang merah dan jahe, lalu tumbuk bahan tersebut hingga halus.
    2. Campurkan tepung terigu dan air masak. Lalu, remas-remas bahan tersebut agar mengeluarkan air.

    Cara pakai ramuan ini dapat dilakukan dengan menggosokkan ramuan sambil diurut ke bagian yang sakit. Lakukan perawatan tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

    Akar beluntas

    Bahan-bahan:

    • Akar beluntas 15 gram
    • Air 3 gelas

    Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus akar beluntas dengan 3 gelas air hingga kadar air menyusut hanya tersisa 1 gelas. Ramuan ini dapat diminum sebanyak 2 kali sehari, masing-masing sekali minum dengan dosis sebanyak ½ gelas.

    Jahe

    Bahan-bahan:

    • Jahe 10 jari
    • Alkohol 10 gelas

    Cara membuat:

    1. Jahe dicuci terlebih dahulu hingga bersih, kemudian diparut dan dicampurkan ke dalam alkohol. Larutan tersebut lalu diremas.
    2. Diamkan semalam, lalu keesokan harinya diperas dan disaring.

    Larutan ini dapat digunakan airnya untuk mengurut badan yang sedang sakit sebanyak 2 kali sehari atau seperlunya.

    Selain menggunakan ramuan-ramuan tersebut, ada baiknya untuk mencegah encok dengan cara rutin melakukan olahraga misalnya berjalan kaki, berenang, ataupun olahraga ringan lainnya. Aktivitas gerakan yang ditimbulkan dari berolahraga membuat tulang menjadi terbiasa untuk bergerak.

    Selain itu, perbanyak vitamin D yang dapat diperoleh dari cahaya matahari pagi. Cahaya matahai pagi di bawah pukul 9 pagi memiliki khasiat yang bagus untuk pertumbuhan tulang. Encok juga dapat dicegah dengan cara menjaga berat badan dan menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung purin seperti ikan sardin, telur ikan, kacang-kacangan, dan lainnya.

    Baca Juga:  Memahami Proses Produksi Kopi Luwak

     

    Loading...
    Loading...