Atasi Hama Boleng pada Ubi Jalar dengan Cara Ini

Pertanianku — Budidaya ubi jalar menjadi salah satu budidaya tanaman yang paling hemat biaya karena ia tidak membutuhkan perawatan intensif. Meski demikian, budidaya ubi jalar bukan berarti tanpa hambatan sama sekali. Keberadaan hama juga merupakan faktor pengganggu, salah satunya hama boleng.

hama boleng
Foto: Dok. Pertanianku

Serangan hama boleng pada ubi jalar memang sangat merugikan karena ubi yang sudang dimasuki larva boleng bisa dipastikan tidak akan bisa dijual karena bagian dalamnya membusuk dan akan terasa pahit bila dimakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi hama boleng pada ubi jalar.

Hama ini tergolong jenis kumbang kecil yang menghisap cairan tanaman mulai dari batang, umbi, dan buah. Kumbang boleng mudah dikenali dengan ciri adanya moncong yang runcing ke depan. Ulat larvanya dianggap paling berbahaya karena akan memakan daging ubi dari dalam.

Loading...

Jika Anda menanam jenis ubi yang kulitnya merah dan dagingnya putih, Anda harus bersiap untuk menghadapi serangan boleng. Hal ini karena karakteristik tanaman ubi ini membentuk umbi ke atas (menyembul ke permukaan tanah) sehingga akan mudah untuk ditemukan oleh hama boleng.

Untuk itu, Anda bisa menanam varietas ubi jalar yang tahan boleng seperti ubi cilembu, ubi ungu, dan lainnya. Varietas ini terkenal membentuk umbi di kedalaman tanah sehingga tidak terjangkau oleh imago hama boleng.

Anda juga bisa menggunakan insektisida sistemik. Insektisida ini bersifat racun yang menyebar ke seluruh jaringan tanaman. Oleh karena itu, setiap serangga yang memakan bagian dari tanaman akan mengalaami keracunan. Racun sistemik yang bisa Anda gunakan adalah imadikloprid, dimetoat, atau asefat. Insektisida sistemik lebih efisien untuk mengatasi hama boleng yang notabenenya berada di dekat akar.

Baca Juga:  Jahe, Solusi Jitu Atasi Asma yang Kambuh

Selama ini, masih jarang petani yang mengetahui akan manfaat jamur beauveria bassiana. Jamur ini ternyata merupakan insektisida hayati yang mana sifatnya menjadi parasit bagi serangga hama termasuk hama boleng. Jamur beauveria bassiana bisa diaplikasikan pada semua tanaman termasuk ubi dan sangat aman bagi manusia, tanaman dan hewan lainnya selain jenis serangga patogen.

Kini jamur beauveria bassiana banyak dijual di toko pertanian dan bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi hama boleng pada tanaman ubi jalar. Yang perlu diingat adalah aplikasi jamur ini sebaiknya dilakukan di sore hari agar jamur tidak mati oleh terik siang matahari.

Loading...
Loading...