Atasi Hama Bunga Krisan dengan Insektisida Nabati

Pertanianku — Hama kutu daun cukup meresahkan pembudidaya ataupun pehobi bunga krisan karena hama tersebut dapat menyebabkan kegiatan budidaya tanaman krisan menjadi terhambat. Kutu daun dapat menurunkan kualitas bunga sehingga nilai ekonomi bunga menjadi turun. Padahal, bunga krisan yang akan diperdagangkan di pasar ekspor harus bebas dari serangan hama bunga krisan yang belum ada di negara tujuan.

hama bunga krisan
foto: pixabay

Biasanya, petani bunga krisan mengatasi kutu daun dengan menggunakan insektisida sintetik yang dijual di pasaran. Namun, penggunaan insektisida sintetik tidak selalu membawa dampak yang baik. Seiring berjalannya waktu, penggunaan insektisida sintetik justru malah merusak keseimbangan lingkungan karena adanya resistensi hama, matinya musuh alami, dan menimbulkan kerusakan lingkungan.

Saat ini pembudidaya bisa mengganti penggunaan insektisida sintetik dengan menggunakan daun suren. Daun suren dapat diolah menjadi pestisida nabati untuk mengatasi serangan hama kutu daun.

Ekstrak daun suren (Toona sinensis) dengan konsentrasi 0,5 persen dapat menyebabkan mortalitas hama Eurema spp sebanyak 98 persen.

Insektisida daun suren berpotensi menjadi insektisida yang mudah digunakan karena ketersediaannya di alam cukup banyak. Di dalam daun suren mengandung bahan aktif yang bersifat insektisidal sehingga mampu mengatasi serangan hama.

Selain ekstrak daun suren, pembudidaya juga bisa menggunakan ekstrak cair ki pahit (Tithonoa diversifolia) pada konsentrasi 1 dan 1,5 persen bisa menekan serangan Bemisia tabaci.

Insektisida nabati ini sudah terbukti dapat menekan perkembangan hama. Insektisida nabati yang terbuat dari mimba terbukti mengandung azadirachtin yang berguna untuk mengendalikan perkembangan hama kutu daun.

Insektisida nabati tersebut harus dibuat melalui beberapa tahap. Tahap pertama ialah pengeringan daun agar mudah dihancurkan menjadi tepung atau serbuk. Selanjutnya, tepung dicampur ke dalam air dan airnya disaring dengan menggunakan kertas saringan. Biarkan ramuan selama beberapa saat hingga rendeman berbentuk pasta. Setelah itu, simpan insektisida nabati di lemari es.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Cair dari Kotoran Kambing

Penggunaan insektisida nabati dapat membantu pembudidaya untuk mengatasi serangan hama sekaligus meningkatkan kualitas bunga layak panen sehingga keuntungan yang didapatkan pun akan meningkat.


loading...