Atasi Hama pada Bayam dengan Cara Ini


Pertanianku — Perawatan bayam tidaklah sulit, namun serangan hama bisa saja terjadi. Untuk itu, atasi hama pada bayam dengan cara yang tepat sebelum semua tanaman yang Anda budidayakan habis karenanya.

atasi hama pada bayam
Foto: Shutterstock

Bayam merupakan salah satu sayuran favorit karena rasanya yang enak dan harganya cenderung terjangkau. Walaupun begitu, bayam memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini akan diulas cara mengatasi hama pada tanaman bayam yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran.

  1. Cara mengatasi hama ulat daun

Untuk mencegah serangan ulat dalam jumlah banyak, Anda perlu memerhatikan kebersihan area tanam. Anda harus rajin melakukan penyiangan agar ulat tak memiliki banyak tempat persembunyian.

Selanjutnya, Anda harus rutin melakukan penyemprotan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid setiap seminggu sekali. Jika serangan masih belanjut, gunakan insektisida kontak berbahan aktif metomil yang bekerja translaminar dengan dicampur bahan pelekat, penembus, dan pembasah.

  1. Cara mengatasi hama kutu daun

Kutu daun termasuk hama musiman, dimana serangannya akan sangat hebat di musim kemarau dan jarang terjadi di musim hujan. Hal ini dikarenakan suhu yang tinggi dan kelembapan udara yang rendah. Untuk mencegah serangan hama kutu daun, ada baiknya Anda menanam bayam menjelang musim hujan. Lakukan juga penyiangan dengan rutin.

Untuk pencegahan, Anda bisa menyemprotkan insektisida sistemik tiap 7—10 hari sekali. Jika sudah terjadi serangan, gunakanlah insektisida kontak berbahan aktif abamektin.

  1. Cara mengatasi hama uret

Ternyata uret juga menyukai akar tanaman bayam terutama yang masih muda. Untuk mengatasinya, pada saat pemberian pupuk dasar sebaiknya Anda menambahkan insektisida tabur khusus uret seperti Diazenon. Hal ini akan membunuh uret yang hidup dalam bedengan.

  1. Cara mengatasi hama siput darat
Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Kangkung Hidroponik di Baskom

Hama ini aktif di malam hari karena ia tak tahan dengan sinar matahari. Untuk pencegahannya, Anda harus rajin menyiangi rumput di area tanam. Ada banyak cara untuk mengatasi hama siput darat, bisa dengan moluskisida tabur yang ditabur di sekeliling tanaman atau menggunakan cara konvensional, yakni berburu di malam hari.