Atasi Hama pada Budidaya Mujair dengan Trik Ini


    Pertanianku — Mengatasi hama pada budidaya ikan mujair menjadi salah satu hal yang menjadi titik kewaspadaan bagi para pembudidaya. Selain ancaman yang dihadirkan dari hewan pemangsa, ada pula hewan kecil lainnya yang dapat mengganggu kesehatan ikan mujair dan berpotensi menyebabkan kematian.

    hama pada budidaya ikan mujair
    Foto: Google Image

    Meskipun prosedur budidaya telah direncanakan dan dieksekusi dengan baik, jika hama menyerang, usaha yang dilakukan akan sia-sia. Apabila penanganan terhadap hama yang mengganggu ini keliru, bukan tidak mungkin ikan akan mati atau mengalami gangguan kesehatan.

    Sebelum mengatasi hama pada ikan mujair, pertama-tama pembudidaya harus mengetahui terlebih dahulu hama apa saja yang dapat menyerang ikan mujair. Apakah hanya ular? Tentu tidak. Berikut ini beberapa hama yang berpotensi menyerang ikan mujair budidaya sekaligus dengan cara penanganannya.

    1. Ular

    Seperti yang disebutkan tadi bahwa ular adalah salah satu hama yang dapat mengganggu kelangsungan budidaya ikan mujair. Ular biasanya menjadikan benih dan ikan kecil sebagai santapannya.

    Hal ini tentu akan sangat merugikan pembudidaya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya adalah dengan menangkap ular jika dapat masuk ke kolam. Untuk cara lainnya adalah dengan memberi pagar di sekitar kolam agar tidak dimasuki ular.

    1. Lingsang

    Lingsang dapat menyerang ikan mujair ketika malam hari. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan membuat jebakan berumpun.

    1. Burung

    Burung biasanya akan menyerang benih yang berwarna menyala. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan penghalang bambu agar burung tidak dapat menerkam benih dari permukaan kolam. Selain bambu, juga bisa menggunakan rumbai-rumbai atau tali penghalang.

    1. Kodok

    Selain ular, kodok juga dapat menjadi ancaman untuk kehidupan ikan mujair. Kodok biasanya akan memakan telur-telur ikan mujair. Untuk mengatasi hal ini, dapat dilakukan dengan membuang telur yang telah mengapung di air. Selain itu, tangkap dan buang kodok yang berhasil memasuki kolam.

    1. Ucrit (larva cybister)
    Baca Juga:  Sumsel Jadi Juara Nasional Kuliner Berbahan Dasar Ikan

    Ucrit adalah hewan yang akan menjepit ikan mujair menggunakan taringnya hingga robek. Hewan ini sulit untuk diatasi, namun dapat dicegah, yaitu dengan menghindari penumpukan bahan organik di sekitar kolam.