Atasi Hama Penggerek Buah Kakao dengan Jebakan Beraroma Kopi

PertaniankuHama penggerek buah kakao dapat diatasi melalui berbagai cara, salah satunya dengan cara alami seperti menggunakan jebakan. Jebakan tersebut menggunakan aroma kopi yang bersumber dari kopi robusta. Aroma kopi memancing hama masuk ke botol, kemudian hama akan terjebak dan mati di dalam perangkap.

hama penggerek buah kakao
foto: pertanianku

Penggerek buah kakao merupakan hama utama yang dapat menyebabkan kerusakan hingga 80 persen. Sampai sekarang pekebun masih kesulitan mengendalikannya karena hama ini aktif pada malam hari.

Berdasarkan riset, kopi robusta terbukti efektif mengundang hama untuk masuk ke jebakan. Jumlah kopi yang digunakan sebanyak 500 gram serbuk biji kopi robusta yang kemudian direndam ke dalam satu liter methanol selama 3 hari. Setelah itu, rendaman disaring untuk diambil ekstrak larutan methanol menggunakan rotavapor.

Selanjutnya, ekstrak yang berbentuk serbuk tadi dilarutkan dengan air. Setelah itu, larutan diteteskan ke kapas, kemudian kapas ditempatkan ke dalam stoples plastik transparan. Stoples digantung pada pohon kakao setinggi 0,5 m dari permukaan tanah. Penjebak dipasang dengan jarak antarpenjebak berkisar 100 m.

Aroma kopi akan mengundang serangga masuk ke jebakan, kemudian melekat pada lem atau tercebur ke air dan gagal keluar. Biasanya yang terjebak adalah serangga jantan sehingga serangga betina tidak bisa melakukan reproduksi dan menghasilkan telur.

Jebakan ini tergolong mudah dan murah didapat. Sebenarnya, di pasaran sudah ada penjebak aroma dan cahaya yang menggunakan lampu. Ngengat penggerek memang menyukai cahaya. Sayangnya, kedua jebakan tersebut masih sulit didapatkan. Kalau pun ada, kemungkinan biaya ongkos kirimnya relatif tinggi.

Pengendalian hama penggerek batang harus didukung dengan sanitasi lahan yang benar. Pada musim hujan banyak buah yang membusuk dan gagal matang. Buah-buah tersebut harus segera dibersihkan dari dalam parit atau rorak di sekitar tajuk. Rorak merupakan lubang buntu dengan ukuran tertentu yang dibuat pada bidang olah dan sejajar dengan garis kontur.

Baca Juga:  Keistimewaan Anggur B2 Asal Ukraina

Cari tahu cara pengendalian serangga penggerek buah kakao di Kelas Trubus Produksi Kakao Meningkat dan Bebas Penggerek Buah. Kelas akan dipandu oleh pakar yang sudah berpengalaman di bidang budidaya kakao.