Atasi Kolesterol dengan Ramuan Herbal Bawang Putih dan Bawang Merah

Pertanianku — Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan sel-sel otak dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Namun, kelebihan kolesterol dapat menimbulkan masalah seperti penyempitan pembuluh darah. Kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan ramuan herbal bawang putih dan bawang merah. Kedua jenis bawang ini sangat mudah dijumpai karena sebagian besar masakan Indonesia membutuhkan bawang-bawang tersebut.

kolesterol
Dalam kemasan

Bawang putih

Anda dapat menggunakan dua siung bawang putih, kemudian iris tipis-tipis bawang atau digiling dan dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu ditelan. Jika Anda kurang menyukai bawang putih, bawang dapat ditelan bersamaan dengan nasi. Lakukan hal ini sebanyak dua kali sehari ketika kadar kolesterol sedang tinggi.

Bawang putih sudah terkenal sebagai salah satu jenis bawang-bawangan yang berkhasiat sebagai obat. Berdasarkan hasil penelitian laboratorium, bawang putih terbukti ampuh menekan sintesis kolesterol yang terjadi di dalam hati, menghancurkan penumpukan lemak di pembuluh darah seperti di pembuluh darah jantung dan otak, serta meningkatkan sistem imun tubuh yang berguna untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Di dalam bawang putih terkandung bahan aktif berupa S-allyl cysteine. Bahan aktif tersebut memiliki khasiat menurunkan kadar lemak darah dan antitrombotik.

Namun, Anda perlu waspada, jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih mentah karena dapat menimbulkan efek samping, seperti rasa mual dan rasa panas terbakar di tenggorokan, lambung, dan usus. Selain itu, bawang putih juga dapat membuat seseorang banyak buang gas dari saluran pencernaan dan menimbulkan bau mulut, tetapi bau mulut dapat diatasi dengan air teh kental atau mengunyah daun teh.

Bawang merah

Anda dapat menggunakan 20 gram bawang merah segar yang diiris tipis-tipis, lalu dimakan bersamaan dengan nasi. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari dengan ukuran yang sama saat kadar kolesterol sedang tinggi.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Mengatasi Jerawat yang Mudah Dibuat

Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang dapat bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, serta gula darah. Oleh karena itu, seseorang yang rajin mengonsumsi bawang merah dapat terhindar dari penyakit jantung koroner.