Atasi Lalat Buah yang Menyerang Tabulampot, Hama Penyebab Buah Busuk

Pertanianku — Ada beberapa buah yang mudah diserang oleh lalat buah, di antaranya jambu biji, jambu air, dan belimbing. Ketiga buah tersebut sangat rentan terkena serangan lalat buah yang bisa menyebabkan buah menjadi busuk saat dipanen. Permasalahan ini sangat sering dialami oleh hobiis yang menanam ketiga jenis buah tersebut.

lalat buah
foto: pertanianku

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan hama lalat buah pada tabulampot Anda, terutama tabulampot jambu air, jambu biji, dan belimbing. Langkah pencegahan pertama yang bisa dilakukan adalah menjaga sanitasi lahan untuk mencegah hadirnya lalat di sekitar lingkungan Anda.

Anda harus rajin membersihkan sampah yang berserakan di kebun atau tanaman. Lalat akan berkembang biak dan tinggal di sampah tersebut. Oleh karena itu, Anda harus melakukan sanitasi lahan sesering mungkin.

Loading...

Setelah melakukan pencegahan dengan menjaga sanitasi lahan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membungkus buah. Pembungkusan buah bisa menggunakan pembungkus buah, seperti heigrow. Pembungkus buah tersebut seperti kain kasa yang tipis dan sangat cocok digunakan untuk mencegah lalat menaruh larvanya di dalam buah.

Pada dasarnya, lalat buah menyerang pohon buah karena ingin meletakkan telurnya di dalam buah. Telur yang berada di dalam buah akan menetas menjadi larva dan tumbuh di dalam buah dengan memakan bagian dalam buah. Itulah yang menyebabkan buah menjadi busuk.

Jika kesulitan mendapatkan alat pembuah khusus, Anda bisa membungkusnya dengan kantung plastik biasa.

Pembungkusan buah tidak boleh sampai terlambat, pembungkusan sudah bisa dilakukan sejak buah masih berukuran 2 cm atau baru berbentuk buah. Pada ukuran tersebut, kulit buah masih cukup keras bagi lalat buah untuk meletakkan telur-telurnya. Jika pembungkusan buah terlambat, bisa saja buah tersebut sudah terkena serangan lalat buah terlebih dahulu tanpa Anda sadari.

Baca Juga:  Resep Selai Nanas yang Mudah Dibuat

Langkah pencegahan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah penggunaan perangkap yang berbahan aktif petrogenol atau methyleugenol. Perangkap tersebut bisa menggunakan stoples atau botol plastik bekas yang di dalamnya diberikan kapas. Kapas tersebut sudah diberikan minyak atsiri yang mampu menarik perhatian lalat buah. Pencegahan ini berfungsi untuk memberantas hama lalat buah dalam jangka panjang.

Untuk mencegah dan mengatasi hama lalat buah pada tabulampot, Anda dapat membeli heigrow dan perangkap lalat buah di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam sarana produksi pertanian, mulai dari benih dan bibit tanaman, media tanam, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun atau bertanam lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.

Loading...
Loading...