Atasi Mimisan dengan Ramuan Herbal yang Super Mudah

Pertanianku Mimisan atau epistaksis merupakan pendarahan yang terjadi di hidung. Sekilas memang terlihat cukup mengerikan, tetapi sebenarnya hal ini bukan suatu yang berbahaya. Anda harus melakukan beberapa langkah penanganan pertama yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan herbal yang tersedia di sekeliling Anda.

mimisan
foto: pixabay

Kejadian ini sebenarnya dialami oleh hampir sebagian orang. Namun, biasanya anak berumur 3—10 tahun, ibu hamil, seseorang yang mengonsumsi pengencer darah, penderita kelainan darah, dan lansia akan lebih berpotensi mengalami mimisan.

Kondisi mimisan setiap orang berbeda-beda, begitu juga dengan durasi keluar darah dari dalam hidung. Meskipun bukan suatu perkara yang berbahaya, mimisan harus segera diatasi dengan tepat karena bisa saja mimisan menjadi gejala dari suatu penyakit tertentu.

Loading...

Biasanya, mimisan disebabkan oleh udara yang terlalu kering dan kebiasaan mengorek hidung. Kedua faktor ini dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam hidung pecah dan mengakibatkan pendarahan. Mimisan yang terjadi pada anak-anak sering disebabkan oleh alergi, pilek, dan udara kering. Lalu apa yang harus dilakukan jika mimisan terjadi? Jangan panik, coba buat ramuan herbal di bawah ini sebagai penanganan pertama sebelum dibawa ke dokter.

Daun sirih

Gunakan daun sirih segar secukupnya. Cuci bersih terlebih dahulu dan tumbuk daun sirih. Peras daun sirih dan ambil air perasan tersebut dengan kain kasa. Sumbat hidung dengan kain kasa yang sudah dibasahi air perasan daun sirih. Sebaiknya, penderita diposisikan berbaring di kasur.

Kangkung

Gunakan daun kangkung segar sebanyak 50 gram dan gula merah secukupnya. Cuci kangkung segar, potong-potong dan tambahkan gula. Tumbuk semua bahan sampai halus lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Biarkan ramuan dingin, kemudian saring air seduhan. Minumlah ramuan ini sekaligus habis.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Daun sendok

Gunakan daun sendok segar sebanyak 15 gram. Cuci bersih daun dan pipihkan. Seduh dengan 1 cangkir air panas dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin, peras dan saring airnya. Minumlah ramuan ini sekaligus habis.

Akar teratai

Ambil akar teratai secukupnya dan cuci bersih akar. Jus akar teratai tersebut hingga halus. Teteskan jus teratai ke dalam rongga hidung yang mimisan.

Loading...
Loading...