Atasi Nyeri Haid dengan Ramuan Kayu Manis Herbal

Pertanianku — Bagian yang paling tidak enak saat menstruasi datang adalah sakit atau nyeri. Bahkan, dapat menyebabkan kram di bagian perut bawah. Tentunya, setiap wanita punya tingkatan nyeri haid yang berbeda-beda. Meskipun nyeri akan hilang dengan sendirinya, rasa sakitnya sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri dapat diredakan oleh obat alami yang terbuat dari rempah kayu manis.

kayu manis
foto: pixabay

Nyeri haid dikenal dengan dismenore biasanya berlangsung selama beberapa hari saat sebelum masa haid hingga awal-awal masa haid. Dismenore dapat diatasi dengan mengompres perut dengan kompres hangat, mandi air hangat, ataupun menggunakan obat pereda nyeri.

Obat-obatan yang menggunakan bahan kimiawi untuk pereda rasa nyeri memang sudah banyak beredar di pasaran. Namun, tahukah Anda bahwa pemakaian obat pereda nyeri secara rutin dapat menyebabkan dampak negatif. Oleh karena itu, lebih baik gunakan obat alami yang tidak akan memiliki efek samping di kemudian hari.

Loading...

Kayu manis mengandung antinyeri, antiradang, serta antikejang otot. Fungsi dari kandungan ini dapat mengurasi rasa kejang yang menyebabkan sakit di perut bagian bawah. Ramuan herbal ini dapat Anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah kulit kayu manis sebanyak 05—2,5 gram dan air panas setengah cangkir. Anda juga bisa menambahkannya dengan madu, teh, atau pemanis alami lainnya agar ramuan terasa lebih nikmat saat diminum.

Cara membuatnya adalah dengan menyeduh kayu manis ke dalam air panas dengan tambahan yang telah Anda siapkan seperti teh ataupun madu. Ramuan sudah siap untuk diminum. Minumlah dengan rutin ramuan ini sebanyak dua kali sehari dengan dosis yang sama.

Selain mencegah kram selama menstruasi, kayu manis ternyata mampu mengontrol mood wanita yang sedang haid. Hal ini karena kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon saat menstruasi.

Baca Juga:  Gunakan Obat Alami Ini untuk Menghilangkan Bau Badan

Selain meminum ramuan kayu manis, jaga asupan makanan agar proses menstruasi berjalan dengan baik. Perbanyak makan makanan yang banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Pada dasarnya semua jenis buah baik untuk tubuh, tapi saat sedang haid buah avokad dan buah pisang ampuh melawan rasa sakit. Selain itu, konsumsi makanan yang mampu membantu Anda bahagia seperti yoghurt yang memiliki rasa asam nan segar.

Loading...
Loading...