Atasi Penyakit Kulit dengan Lengkuas


Pertanianku — Apakah Anda bermasalah dengan penyakit kulit? Hal itu pasti akan sangat mengganggu karena kulit Anda mungkin terasa gatal atau membuat penampilan jadi tidak menarik. Sebenarnya, Anda bisa atasi penyakit kulit tersebut dengan lengkuas.

penyakit kulit
Foto: Google Image

Lengkuas atau biasa disebut laos merupakan umbi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rimpang pada lengkuas banyak mengandung senyawa penting.

Lengkuas mudah dikenali karena baunya yang khas dan identik dengan bumbu masakan. Demikian pula warna kemerahan pada lengkuas yang dapat membedakannya dari jahe atau kunyit.

Lengkuas dengan rimpang berwarna merah ukurannya lebih besar dibandingkan lengkuas rimpang putih. Khasiatnya pun lebih banyak. Lengkuas merah telah dikenal sebagai obat tradisional karena sifat antijamur dan antikembung yang dimilikinya.

Karena khasiatnya itulah, lengkuas dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit salah satunya penyakit kulit.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan dari lengkuas untuk mengatasi penyakit kulit?

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk lengkuas beserta bawang putih hingga halus, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena kurap atau penyakit kulit lainnya.

Sementara, untuk mengobati panu, cacah lengkuas hingga keluar seratnya, kemudian tambahkan sedikit cuka. Setelah itu, oleskan ramuan pada kulit yang terkena panu.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ketumbar yang Belum Diketahui Banyak Orang