Atasi Penyakit Vibriosis yang Menyerang Udang dengan Binahong

Pertanianku Penyakit vibriosis yang menyerang udang disebabkan oleh bakteri Vibrio spp. Penyakit ini dapat menyebabkan tingkat kematian meningkat hingga 85 persen. Serangan bakteri vibrio bisa dicegah melalui beberapa cara, seperti probiotik dan ramuan herbal yang terbuat dari daun binahong.

penyakit vibriosis
foto: Trubus

Dahulu, penyakit udang yang disebabkan oleh bakteri sering diatasi dengan antibiotik. Padahal, antibiotik yang digunakan secara terus-menerus dan berlebihan dapat menyebabkan resistensi. Oleh karena itu, saat ini muncul probiotik yang dapat melindungi udang dari serangan bakteri penyebab penyakit.

Selain probiotik, pembudidaya udang juga bisa memanfaatkan daun binahong. Sejak dahulu daun binahong terkenal sebagai daun dengan beragam khasiat. Binahong sudah dimanfaatkan sebagai jamu atau obat tradisional untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

Sarjito bersama rekan dari Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, memanfaatkan ekstrak serbuk daun binahong dari Ambarawa, Jawa Tengah. Berdasarkan penelitian secara in vitro, ekstrak binahong terbukti mampu mengendalikan penyakit vibriosis. Ekstrak binahong tersebut dicampurkan ke dalam pakan dengan beragam komposisi perlakuan.

Perlakuan pertama sebagai kontrol adalah pakan diberikan 0 gram ekstrak per kg pakan. Perlakuan kedua, pakan diberikan 30 gram ekstrak per kg pakan. Perlakuan ketiga, pakan diberikan 60 gram ekstrak per kg pakan. Perlakuan keempat, pakan diberikan 90 gram ekstrak per kg pakan. Sarjito mencampur ekstrak dan pakan dalam bentuk pelet, kemudian dilapisi dengan putih telur. Setelah itu, pakan dikeringkan dengan suhu ruang.

Penelitian tersebut menunjukkan perlakuan kedua dapat menghasilkan tingkat kelulusan hidup tertinggi mencapai 90 persen. Sementara itu, perlakuan ketiga menghasilkan tingkat kelulusan hidup sebanyak 73,33 persen dan perlakuan keempat menghasilkan 56,67 persen. Adapun perlakuan pertama hanya menghasilkan tingkat kelulusan hidup sebesar 6,67 persen.

Baca Juga:  Cara Merawat Benih Koi yang Benar

Dalam penelitian tersebut, Sarjito menyebutkan, beberapa senyawa di dalam daun binahong bermanfaat bagi udang, seperti saponin, flavonoid, dan alkaloid. Ketiga senyawa tersebut berfungsi sebagai antimikroba, antivirus, dan sebagai immunostimulant.